UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA EDUKATIF AKSARA JAWA PADA KELAS IV MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN

Erna Fitriani, NIM.: 08480053 (2012) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA EDUKATIF AKSARA JAWA PADA KELAS IV MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA EDUKATIF AKSARA JAWA PADA KELAS IV MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN)
BSR087~Z.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA EDUKATIF AKSARA JAWA PADA KELAS IV MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN)
B5N0AT~L.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini muncul dari kenyataan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah membuat siswa bosan, kurang berminat dan tidak bersemangat. Pada zaman sekarang siswa cenderung kurang mempunyai minat dalam pembelajaran bahasa Jawa khususnya materi aksara Jawa yang dianggap sulit. Akibatnya masih terdapat siswa yang kurang memiliki minat belajar dan prestasi belajar kurang memuaskan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang penggunaan alat peraga edukatif aksara Jawa untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan mengambil latar MI Darul Huda Ngaglik, Sleman. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV MI Darul Huda Ngaglik, Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan : Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan peneliti dengan menggunakan alat peraga edukatif aksara Jawa, minat dan prestasi belajar bahasa Jawa khususnya materi aksara Jawa siswa kelas IV MI Darul Huda Ngaglik Sleman mengalami peningkatan. Hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan dari setiap aspek minat belajar yaitu : aspek perasaan senang siswa terhadap pembelajaran mengalami peningkatan dengan persentase padapra tindakan sebesar 60,59 o/o, siklus I sebesar 86,I8yo dan siklus II sebesar 94,120 dengan kategori tinggi. Aspek ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dengan persentase pada pra tindakan sebesar 67,35oh, siklus I sebesar 84,4Io dan siklus II sebesar 94,4106 dengan kategori tinggi. Aspek adanya perhatian dan antusias dalam pembelajaran mengalami peningkatan dengan persentase pada pra tindakan sebesar 67,06Yo, siklus I sebesar 85,29yo dan siklus II sebesar 94,710 dengan katgori tinggi. Aspek keterlibatan siswa terhadap mata pelajaran mengalami peningkatan dengan persentase pada pra tindakan sebesar 62,95yo, siklus I sebesar 85,880/0, siklus II sebesar 94,470 dengan kategori tinggi. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada tes pra tindakan sebesar 64,71 dengan kategori cukup, pada siklus I sebesar 75,88 dengan kategori baik dan pada siklus I[ sebesar 83,53 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, S.S., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah, Alat Peraga Edukatif, Aksara Jawa
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:38
Last Modified: 14 Nov 2022 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55025

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum