PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET C DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK (LPA) KUTOARJO JAWA TENGAH

Erna Sri Rahmawati Emcha, NIM.: 08470038 (2012) PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET C DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK (LPA) KUTOARJO JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET C DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK (LPA) KUTOARJO JAWA TENGAH)
BSR087~Z.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET C DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK (LPA) KUTOARJO JAWA TENGAH)
B5N0AT~L.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan harus bisa diakses oleh semua masyarakat tanpa melihat latar belakang sosial, gender, agama, suku, kalangan masyarakat miskin, penyandang cacat, berkebutuhan khusus dan anak-anak yang tersandung masalah hukum yang berada di Lembaga Pemasyarakatan. Lembaga Pemasyarakatan Anak (LPA) Kutoarjo merupakan sebuah lembaga yang menampung anak yang terkena kasus hukum, namun meskipun demikian anak-anak tetap diberikan haknya untuk memperoleh pendidikan seperti Pendidikan Kesetaraan yaitu program pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan umum setara dengan SD/MI, SMP/ MTs, SMA/MA. Penelitian ini berjenis kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis data. Adapun analisis data yang digunakan melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat, hasilpembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket C di LPA Kutoarjo dan objek penelitian ini adalah program dan hasil pembelajaran pada Pendidikan Kesetaraan Paket C. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pendidikan Kesetaraan Paket C di LPA Kutoarjo diselenggarakan melalui satuan pendidikan nonformal yaitu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tunas Mekar. Pendirian PKBM Tunas Mekar menginduk pada LPA Kutoarjo karena merupakan bagian dari program kegiatan pembinaan kategori pendidikan bagi Anak Didik Pemasyarakatan LPA Kutoarjo. Hal ini dilakukan agar Anak Didik Pemasyarakatan tetap mendapatkan pendidikan. Pendidikan Kesetaraan Paket C merupakan program pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan umum yang setara dengan SMA, baik dari kurikulum, beban belajar dan waktu setiap satu jam pertemuan, metode, penilaian pembelajarannya. Selain itu pada Pendidikan Kesetaraan Paket C di LPA Kutoarjo lebih menekankan pada pelatihan kecakapan hidup yang berorientasi kerja atau berusaha mandiri. 2) Program Pendidikan Kesetaraan Paket C dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya meliputi: berjalannya proses pembelajaran pada PKBM Tunas Mekar, kesedian Tutor untuk menjadi pendidik pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C, adanya dukungan orang tua,biaya pendidikan gratis. Faktor penghambatnya meliputi: minat belajar Warga Belajar rendah, sarana dan prasarana kurang lengkap, minimnya dana pembelajaran, Tutor kurang motivasi dan menguasai metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nur Rohmah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Paket C, Lembaga Pemasyarakatan Anak (LPA, Pendidikan Kesetaraan
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2022 09:00
Last Modified: 14 Nov 2022 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55027

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum