METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SLB N 2 BANTUL

Evrida Era Pratama, NIM.: 08410212 (2012) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SLB N 2 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SLB N 2 BANTUL)
BSR087~Z.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SLB N 2 BANTUL)
B5N0AT~L.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang tidak terbatas pada kemampuan materi orang tua, maupun dari bentuk fisik. Setiap anak mempunyai cara masing-masing untuk belajar dalam rangka memenuhi kebutuhan. Proses pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran yang tidak tepat akan mengakibatkan terjadinya miskomunikasi. Untuk itu, proses pembelajaran harus menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan jenis ketunaan mereka. Penel dan jika hal itu ditambah dengan guru yang tidak berlatar belakang pendidikan PLB. Penelitian ini dilakukan di SLB N 2 Bantul. Adapaun rumusan masalahnya adalah Bagaimana proses pembelajaran PAI pada peserta didik tunarungu kelas VII SLB N 2 Bantul, Metode apa saja yang digunakan dalam proses pembelajaran PAI pada peserta didik kelas VII SLB N 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SLB N 2 Bantul yang beralamat di Bangunharjo, Sewon, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran PAI yang dilaksanakan setiap hari Senin sudah berjalan dengan baik. Guru sudah menggunakan RPP sebagai panduan mengajar dan juga menggunakan buku paket sebagai sumber belajar. Guru dapat menguasai kelas dengan baik dan dapat menyesuaikan diri dengan situasi di kelas serta kondisi peserta didik yang dimulai dari membuka pelajaran, proses belajar sampai dengan menutup pelajaran serta peserta didik memberikan respon yang baik pada saat pembelajaran berlangsung. (2) Dalam proses pembelajaran, guru menggunakan metode ceramah, hafalan, penugasan, demonstrasi, diskusi dan tanya jawab. Metode ceramah dilaksanakan dengan cara guru memberikan penjelasan materi. Metode hafalan, peserta didik menghafalkan bacaan salat. Metode penugasan, peserta didik diberikan tugas untuk menghafalkan doa bacaan salat agar dihafalkan di rumah. Metode demonstrasi, guru memberikan contoh gerakan salat dan ditirukan oleh peserta didik. Metode tanya jawab dilaksanakan dengan cara guru bertanya kepada peserta didik atau sebaliknya peserta didik yang bertanya kepada guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Peserta Didik Tunarungu, Metode Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2022 09:12
Last Modified: 14 Nov 2022 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55028

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum