METODE USWATUN HASANAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM PLUS PESANTREN ANAK (TKIPPA) NURUL HAQ PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA

Evi Mualifah, NIM.: 08410064 (2012) METODE USWATUN HASANAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM PLUS PESANTREN ANAK (TKIPPA) NURUL HAQ PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE USWATUN HASANAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM PLUS PESANTREN ANAK (TKIPPA) NURUL HAQ PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA)
BSR087~Z.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE USWATUN HASANAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM PLUS PESANTREN ANAK (TKIPPA) NURUL HAQ PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA)
B5N0AT~L.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap manusia pada fitrahnya membutuhkan figur teladan yang baik dalam hidupnya apalagi bagi anak usia dini yang masih dalam tahap imitasi atau meniru. Namun pada kenyataannya dalam beberapa kasus ditemukan bahwa kemajuan teknologi dan pergaulan yang tidak baik membuat anak salah meniru pada hal-hal yang kurang baik tersebut. Sehingga anak membutuhkan figur orang-orang dewasa di sekitarnya yang mampu memberikan contoh yang baik dalam berperilaku dan berkata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Taman Kanak-kanak Islam Plus Pesantren Anak (TKIPPA) Nurul Haq Pengasih Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelaksanaan metode uswatun hasanah di TKIPPA Nurul Haq Pengasih meliputi keteladanan perilaku dan ucapan. Metode ini dilaksanakan dalam dua bentuk, yaitu secara langsung melalui perilaku dan ucapan guru di sekolah dan secara tidak langsung yaitu melalui tokoh cerita yang disampaikan guru. Metode uswatun hasanah secara langsung terbagi dua, yaitu perilaku guru secara tidak sengaja dan perilaku guru secara sengaja. Materi PAI yang terkait dalam pelaksanaan metode ini yaitu membahas tata cara wudhu, tata cara shalat, adab di dalam masjid, membaca Iqra’, adab ketika makan dan minum, dan mengucapkan salam dan berjabat tangan ketika datang dan hendak pulang. Secara umum pelaksanaan metode uswatun hasanah di TKIPPA Nurul Haq sudah cukup bagus. (2) Kendala dalam penerapan metode uswatun hasanah di TK berasal dari berbagai faktor. Dari faktor anak, yaitu sifat anak yang beragam dan sifat manja yang berlebihan pada anak. Dari faktor guru yaitu kesulitan mengkondisikan kelas dengan jumlah siswa yang banyak. Dari faktor lingkungan yaitu adanya figur-figur kurang baik di sekitar sekolah dan dari media. Sedangkan dari faktor keluarga yaitu kurangnya kepedulian orang tua terhadap pola-pola kebiasaan yang sudah terbentuk pada anak dari TK dan kurangnya perhatian orang tua dalam mendidik karakter Islami pada anak. (3) Upaya mengatasi kendala dari faktor anak yaitu berusaha memahami perbedaan sifat anak-anak, berusaha mendalami karakter tiap anak, membiasakan anak disiplin pada peraturan dan jadwal harian di TK. Upaya mengatasi kendala dari faktor guru yaitu menggunakan berbagai strategi dan metode lain yang bisa memusatkan perhatian anak. Kendala dari faktor lingkungan diatasi dengan memberikan pengertian mengenai hal-hal baik dan buruk di lingkungan sekitar anak-anak. Kendala dari faktor keluarga diatasi dengan mengadakan kerjasama dengan orang tua anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Suwadi, M. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Rancangan Kegiatan Harian (RKH), Metode Uswatun Hasanah, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2022 09:04
Last Modified: 14 Nov 2022 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55029

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum