UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (MODEL TIM AHLI) PADA SISWAKELAS IV ABU BAKAR AS-SHIDIQ DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Ferda Rozaq Manihotana, NIM.: 08480036 (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (MODEL TIM AHLI) PADA SISWAKELAS IV ABU BAKAR AS-SHIDIQ DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (MODEL TIM AHLI) PADA SISWAKELAS IV ABU BAKAR AS-SHIDIQ DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
BSR087~Z.PDF - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (MODEL TIM AHLI) PADA SISWAKELAS IV ABU BAKAR AS-SHIDIQ DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
B5N0AT~L.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV Abu Bakar As-Shidiq MIN Jejeran Bantul yang rendah. Hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar yang rendah pula. Oleh karena itu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (model tim ahli) di kelas IV Abu Bakar As-Shidiq MIN Jejeran Bantul yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana keaktifan dan hasil belajar IPA di kelas IV Abu Bakar As-Shidiq MIN Jejeran Bantul Yogyakarta sebelum menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (model tim ahli), bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (model tim ahli) kelas IV Abu Bakar As-Shidiq MIN Jejeran Bantul Yogyakarta, peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV Abu Bakar As-Shidiq MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Abu Bakar As-Shidiq Bantul Yogyakarta semester II tahun ajaran 2011/2012. Data yang dikumpulkan berupa data keaktifan dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa untuk data keaktifan siswa dan lembar soal pre test dan post test untuk data hasil belajar siswa. Analisis data untuk keaktifan belajar siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk data hasil belajar diperoleh dari nilai rata-rata tes evaluasi pra tindakan, pre test dan post test siklus I serta siklus II diperoleh nilai rata-rata dari tes evaluasi. Hasil Penelitian : (1) Adanya peningkatan hasil rata-rata persentase angket keaktifan belajar siswa pada pra tindakan 35,26% dengan kategori rendah. Pada siklus I pertemuan satu sebesar 49,75% dengan kategori sedang dan pada pertemuan dua 65,21% dengan kategori tinggi. Lalu pada siklus II pada pertemuan satu 72,80% dengan kategori tinggi dan pada pertemuan dua 93,23% dengan kategori sangat tinggi. (2) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada tes pra tindakan sebesar 51,82 dengan jumlah siswa yang tuntas 3 siswa dan jumlah siswa yang tidak tuntas 20 siswa dari 23 siswa. Pada siklus I pre test sebesar 59,73 dengan jumlah siswa yang tuntas 10 siswa dan jumlah siswa yang tidak tuntas 13 siswa dari 23 siswa dan pada post test sebesar 70,82 dengan jumlah siswa yang tuntas 17 siswa dan jumlah siswa yang tidak tuntas 6 siswa dari 23 siswa, serta pada siklus II sebesar 82,21 dengan jumlah siswa yang tuntas 19 siswa dan jumlah yang tidak tuntas 4 siswa dari 23 siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA , Metode Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2022 10:08
Last Modified: 14 Nov 2022 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55034

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum