PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI BROKEN TEXT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII B MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Firda Afriani Rozak, NIM.: 08420133 (2012) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI BROKEN TEXT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII B MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI BROKEN TEXT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII B MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
BSR087~Z.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI BROKEN TEXT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII B MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
B5N0AT~L.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab, sehingga tidak menunjukkan hasil yang diharapkan, dikarenakan belum terciptanya pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu perlu adanya penerapan strategi broken text dengan harapan hasil belajar dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab dapat meningkat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang mana penelitian ini berkolaborasi antara guru bahasa Arab dengan peneliti. Penelitian ini bersifat kuantitatif, yang mengambil lokasi di kelas VII B MTs Negeri Gondowulung Bantul Yogyakarta dengan jumlah keseluruhan 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Arab dan hasil belajar siswa melalui strategi broken text. Data keaktifan dan partisipatif siswa selama proses pembelajaran diperoleh melalui observasi saat proses pembelajaran berlangsung, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil ulangan/ post test usai pembelajaran. Adapun kegiatan penelitian ini meliputi: plan (perencanaan), action (pelaksanaan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Hasil penelitian ini menunjukkan: pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tiga siklus, yang mana siklus I (dua kali pertemuan), siklus II (dua kali pertemuan) dan siklus III (satu kali pertemuan). Pada proses pembelajaran dengan menerapkan cooperative learning dengan strategi broken text ini, hasil prosentasenya mengalami peningkatan pada kelima aspek ketrampilan/aktifitas siswa. Pada siklus I diperoleh 47%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 73.6% dan siklus III meningkat sebesar 78.4%. sehingga dapat diketahui rata-rata peningkatan prosentase aktifitas siswa dari siklus I sampai pada siklus III sebesar 31.4%. Selain kelima aspek ketrampilan tersebut, hasil belajar juga mengalami peningkatan karena mutu proses belajar dapat memicu hasil belajar. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 67, meningkat pada siklus II yaitu 78 dan pada siklus III meningkat menjadi 92. Jadi kenaikan hasil belajar siswa siklus I sampai III adalah sebesar 25.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Broken Text, Pembelajaran Bahasa Arab, Cooperative Learning
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2022 10:11
Last Modified: 14 Nov 2022 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55035

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum