IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII C BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Hani Priyanti, NIM.: 08420158 (2012) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII C BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII C BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
BSR087~Z.PDF - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII C BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
B5N0AT~L.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab, sehingga tidak menunjukkan hasil yang diharapkan, dikarenakan belum terciptanya pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu perlu adanya implementasi metode pembelajaran the power of two, dengan harapan keaktifan dan hasil belajar siswa dapat meningkat terhadap mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang mana penelitian ini berkolaborasi antara guru bahasa Arab dengan peneliti. Penelitian ini bersifat kualitatif, yang mengambil lokasi di kelas VII C MTs Al-Ma’had An-Nur Bantul Yogyakarta dengan jumlah keseluruhan 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Arab dan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran the power of two. Data keaktifan dan partisipatif siswa selama proses pembelajaran diperoleh melalui observasi saat proses pembelajaran berlangsung, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil ulangan usai pembelajaran yang dilakukan oleh individu dan kelompok. Adapun kegiatan penelitian ini meliputi: plan (perencanaan), action (pelaksanaan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Hasil penelitian ini menunjukkan: pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan empat siklus, yang mana setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Pada proses pembelajaran dengan implementasi metode pembelajaran the power of two, hasil prosentasenya mengalami peningkatan pada kelima aspek ketrampilan/aktifitas siswa. pada siklus I diperoleh 56.4%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 67.8% siklus III meningkat sebesar 77% dan pada siklus IV meningkat menjadi 90%. Sehingga dapat diketahui rata-rata peningkatan prosentase aktifitas siswa dari siklus I sampai pada siklus IV sebesar 33.6%. Selain kelima aspek ketrampilan tersebut, hasil belajar juga mengalami peningkatan karena mutu proses belajar dapat memicu hasil belajar. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 71, pada siklus II yaitu 75 pada siklus III 87 dan pada siklus IV meningkat menjadi 97. Jadi kenaikan hasil belajar siswa siklus I sampai IV adalah sebesar 26.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radjasa Mu’tasim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode The Power Of Two, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2022 10:27
Last Modified: 14 Nov 2022 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55039

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum