STUDI KORELASI PENGARUH PEMBELAJARAN IQRA’ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

Haviva, NIM.farab: 08420146 (2012) STUDI KORELASI PENGARUH PEMBELAJARAN IQRA’ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI PENGARUH PEMBELAJARAN IQRA’ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
BSR087~Z.PDF - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI PENGARUH PEMBELAJARAN IQRA’ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
B5N0AT~L.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran iqra’ dan bagaimana pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTsN Pakem Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah, analisis korelasi product moment yang kemudian dinterpretasikan dan diberi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran iqra’ merupakan kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan satu kali dalam satu minggu dan diwajibkan bagi seluruh siswa kelas VII MTsN Pakem Yogyakarta. Dalam pelaksanaannya dibagi dalam dua tahap, yaitu tahapan Al-Qur’an dan tahapan iqra’ di mana dalam setiap kelas mendapatkan satu guru pembimbing yang tugsanya untuk mengawasi, mengontrol, membimbing serta menilai kemampuan siswa dalam membaca buku panduan iqra. (2) pembelajaran iqra’ sangat mempengaruhi terhadap peningkatan kemampuan membaca bahasa arab siswa kelas VII MTsN Pakem. Terbukti, dengan hasil angket, wawancara dan didukung dengan metode tes. Hasil perhitungan r

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Rodli M. Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Iqra’, Kemampuan Membaca, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2022 10:55
Last Modified: 14 Nov 2022 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55042

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum