PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V A MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO YOGYAKARTA

Hidayatush Sholihah, NIM.: 08480046 (2012) PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V A MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V A MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
BSR087~Z.PDF - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V A MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
B5N0AT~L.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan strategi index card match dalam proses pembelajaran SKI di kelas V A MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Yogyakarta. Latar belakang masalah pnelitian ini adalah bahwa siswa yang mempunyai motivasi yang rendah. Hal tersebut juga dapat dilihat pada nilai ulangan harian siswa. Untuk mengatasai permasalahan tersebut diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dirasa masih kurang, meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas V A MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Yogyakarta yang mana motivasi belajar siswa ini akan berdampak pada prestasi (hasil belajar) siswa. Proses pembelajaran ini menggunakan metode index card match. Dengan pembelajaran menggunakan metode index card match ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V A MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Yogyakarta yang berjumlah 27 siswa. Semester I tahun ajaran 2011/2012. Data-data yang dikumpulkan berupa data motivasi dan prestasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket motivasi belajar siswa untuk data motivasi siswa dan lembar soal pre test dan post test untuk data prestasi siswa. Analisis data untuk motivasi belajar siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk data prestasi diperoleh dari selisih antara rerata post test siklus I dengan rerata post test siklus II. Hasil analisis motivasi siswa terjadi peningkatan pada rerata 5 indikator/ unsur yaitu: rasa senang siswa dari 75,72% meningkat menjadi 87,65%, perhatian siswa dari 78,18% meningkat menjadi 94,23%, rasa tertarik siswa dari 70,78% meningkat menjadi 88,88%, rasa ingin tahu siswa dari 71,60% meningkat menjadi 91,92%, antusiasme meningkat dari 74,95% menjadi 92,59%. Sedangkan rata-rata hasil persentase keberhasilan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 74,24% dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 91,06% dengan kategori baik. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada pra tindakan 59,16% dengan kategori kurang, pada siklus I sebesar 73,33% dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 79,25% dengan kategori baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dra. Siti Johariyah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran SKI SD/MI, Index Card Match, Motivasi, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2022 11:59
Last Modified: 04 Sep 2024 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55049

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum