MAKNA SIMBOL RITUAL CUPU PANJALA (STUDI TERHADAP MAKNA SIMBOL RITUAL CUPU PANJALA DI GIRISEKAR, PANGGANG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, TAHUN 2011)

Ahmad Masnait, NIM.: 08520028 (2012) MAKNA SIMBOL RITUAL CUPU PANJALA (STUDI TERHADAP MAKNA SIMBOL RITUAL CUPU PANJALA DI GIRISEKAR, PANGGANG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, TAHUN 2011). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAKNA SIMBOL RITUAL CUPU PANJALA (STUDI TERHADAP MAKNA SIMBOL RITUAL CUPU PANJALA DI GIRISEKAR, PANGGANG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, TAHUN 2011))
BSB3US~M.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MAKNA SIMBOL RITUAL CUPU PANJALA (STUDI TERHADAP MAKNA SIMBOL RITUAL CUPU PANJALA DI GIRISEKAR, PANGGANG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, TAHUN 2011))
BYJEKB~8.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penyebaran Islam di Jawa sangatlah kompleks dan bervariasi, dimana budaya Islam dapat menyatu dengan budaya Jawa yang sangat kental akan nilai-nilai tradisinya. Kedudukan diantara dua budaya itulah, yang kemudian dapat melahirkan suatu pola baru, dan bahkan menjukkkan Islam yang cenderung kejawaan, atau yang sering disebut Islam Jawa. Dalam kehidupan keberagamaan, kolaborasi antara Islam dengan budaya Jawa tampak melahirkan suatu kepercayaan-kepercayaan serta berbagai macam upacara-upacara ritual tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa, budaya Jawa banyak sekali ditemukan berbagai macam ritual yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur manusia dalam wilayah pengalaman beragama, yang termanifestasikan kedalam sebuah tindakan ritus. Ritual merupakan salah satu bagian dari kebudayaan yang ada pada masyarakat dalam wilayah tertentu. Dalam suatu tindakan ritual tidak terlepas dari berbagai macam bentuk simbol yang mengandung makna-makna tertentu. Dalam proses pelaksanaan tradisi ritual Cupu Panjala tidak mengalami perubahan, akan tetapi bagaimana tujuan dari masyarakat dalam mengikuti tradisi tersebut telah berubah. Hal ini, tampak pada menurunnya tingkat pemahaman masyarakat terhadap sejarah tradisi adat ritual tersebut, serta nilai-nilai ajaran agama yang terkandung dalam simbol-simbol yang terdapat dalam ritual Cupu Panjala. Untuk memperoleh data yang obyektif dari pokok permasalahan, dalam hal ini jenis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Mengenai teknik pengumpulan data, penulis menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Dalam teknis observasi telah penulis lakukan pada pada tahun 2011, penulis mengamati proses jalannya ritual tersebut. Kemudian setelah data terkumpul, maka tahap selanjutnya penulis mengggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu mengelompokkan data dalam bagian-bagian tertentu, menelaah dan kemudian dijelaskan dengan kata-kata untuk memperoleh kesimpulan. Dari hasil penelitian penulis memperoleh kesimpulan bahwa, dalam tradisi Jawa yang berupa bentuk ritual Cupu Panjala di Girisekar, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, terdapat pesan yang tersirat dalam rangkaian simbol ritual. Sejarah dari bentuk tradisi adat ritual Cupu Panjala yang berawal dari peran tokoh masyarakat Girisekar dalam memperoleh benda yang disebut Cupu, dalam sejarahnya merupakan sebuah hasil dari pengalaman beragama. Dari bentuk ritual tersebut, beberapa simbol seperti Do’a, Slametan, Cupu, Kain kafan, Tempat Cupu, tampak mengandung makna nilai-nilai ajaran agama sebagai bagian dari keyakinan dan kepercayaan umat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Moh. Rifai Abduh MA
Uncontrolled Keywords: Islam Jawa, Budaya Jawa, Ritual Cupu Panjala
Subjects: Budaya dan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2022 13:58
Last Modified: 14 Nov 2022 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55051

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum