STUDI KOMPARATIF PEMBERITAAN SURAT KABAR REPUBLIKA DAN KOMPAS (STUDI TENTANG LAPORAN REPUBLIKADAN KOMPAS MENGENAI KONFLIK AGAMA DI MALUKU BULAN JANUARI 2000)

Fakhlur, NIM.: 08540036 (2012) STUDI KOMPARATIF PEMBERITAAN SURAT KABAR REPUBLIKA DAN KOMPAS (STUDI TENTANG LAPORAN REPUBLIKADAN KOMPAS MENGENAI KONFLIK AGAMA DI MALUKU BULAN JANUARI 2000). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARATIF PEMBERITAAN SURAT KABAR REPUBLIKA DAN KOMPAS (STUDI TENTANG LAPORAN REPUBLIKADAN KOMPAS MENGENAI KONFLIK AGAMA DI MALUKU BULAN JANUARI 2000))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARATIF PEMBERITAAN SURAT KABAR REPUBLIKA DAN KOMPAS (STUDI TENTANG LAPORAN REPUBLIKADAN KOMPAS MENGENAI KONFLIK AGAMA DI MALUKU BULAN JANUARI 2000))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

xvi ABSTRAK Banyaknya peristiwa kekerasan dan kerusuhan menjadi konsumsi pemberitaan sehari-hari. Media massa cenderung mengeksploitasi aspek dramatik sebuah konflik. Walaupun pada dasarnya mengangkat peristiwa kekerasan menjadi suatu berita merupakan hal yang wajar karena mengandung realitas yang bernilai berita. Namun, akan menjadi persoalan manakala peran strategis media massa yang cenderung akan menciptakan potensi konflik menjadi signifikan untuk dibicarakan. Keberadaan surat kabar Republika dan Kompas dilatarbelakangi oleh ideologi yang berbeda, Republika dibangun oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) melalui Yayasan Abdi Bangsa dan berbeda halnya dengan surat kabar Kompas sebagai surat kabar yang didirikan oleh Jacob Oetama yang merepresentasikan sebagai surat kabar kelompok Katholik. Dari sinilah penulis tertarik untuk melakukan sebuah penelitian dan mencari sebuah jawaban terkait muatan dan gaya surat kabar Kompas dan Republika dalam memberitakan konflik agama yang terjadi di Maluku bulan Januari 2000. Untuk memperoleh data yang valid, penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi berupa koran Kompas dan Republika. Adapun untuk melihat muatan pemberitaan kedua media tersebut, penulis menggunakan metode Analisa Wacana Kritikal (Critical Discourse Analysis) dan Analisa Isi (Content Analysis) serta metode Analisa Semiotik (Semiotic Analysis). Kaitannya dengan penelitian yang penulis lakukan, penulis menemukan sebuah pola pemberitaan surat kabar Kompas dan Republika yang bervariatif. Hal tersebut dilihat dari beberapa laporan yang ditulis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Damami.M.Ag
Uncontrolled Keywords: Konflik, Ideologi, Media Massa
Subjects: Konflik
Media massa
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Nov 2022 15:19
Last Modified: 15 Nov 2022 15:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum