: PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY' ARI TENTANG KONSEP KERUKUNAN INTERN MUSLIM (STUDI TELAAH KITAB AL-TIBYIIN FI AL-NABYI 'AA MUQIITHA'AT AL­ARHIIM WA AL-AQIIRIB WA AL-ILDJWIIN)

M. Ulil Abshor, NIM.: 08520004 (2012) : PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY' ARI TENTANG KONSEP KERUKUNAN INTERN MUSLIM (STUDI TELAAH KITAB AL-TIBYIIN FI AL-NABYI 'AA MUQIITHA'AT AL­ARHIIM WA AL-AQIIRIB WA AL-ILDJWIIN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (: PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY' ARI TENTANG KONSEP KERUKUNAN INTERN MUSLIM (STUDI TELAAH KITAB AL-TIBYIIN FI AL-NABYI 'AA MUQIITHA'AT AL­ARHIIM WA AL-AQIIRIB WA AL-ILDJWIIN))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (: PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY' ARI TENTANG KONSEP KERUKUNAN INTERN MUSLIM (STUDI TELAAH KITAB AL-TIBYIIN FI AL-NABYI 'AA MUQIITHA'AT AL­ARHIIM WA AL-AQIIRIB WA AL-ILDJWIIN))
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (28MB) | Request a copy

Abstract

Konsep kerukunan intern muslim dalam pemikiran K.H. Hasyim Asy'ari merupakan penelusuran penulis yang terdapat dalam kitab "al-Tibyin Fi al-Nahyi 'an Muqiitha'at al-Arhiim wa al-Aqiirib wa al-Ikhwin " konsep ini yang senantiasa memiliki kontribusi dalam mewujudkan tindakan perdamaian. Karena menjadi entitas dalam mewujudkan perdamaian di antara kedua belah pihak entah individu, kelompok ataupun sesama pemeluk keyakinan agama lain. Konsep ini pula menjadi sebuah keniscayaan dalam meredam aksi tindakan intoleran yang semakin marak di Indonesia. Masalah yang timbul dalam_penelitian ini menjadi acuan penulis bahwa K.H. Hasyim Asy' ari merupakan seorang kyai yang berasal dari kalangan Islam tradisional karena beliau · memiliki cara pandang dan pemikiran yang lebih modem dibandingan dengan para kyai lain di waktu zamanya sehingga hal ini menjadi menarik bagi penulis untuk diteliti. Terkait masalah ini titik fokus atau objek dalam penelitian ini adalah pemikiran K.H. Hasyim Asy'ari yang berhubungan dengan konsep kerukunan intern muslim dalam kitab "al-Tibyin Fi al-Nahyi 'an Muqiitha'at al-Arhiim wa al-Aqiirib wa al-Ikhwin. " Dalam penelitian ini penulis menggunakan kerangka teori Analisis Isi (Content Analysis) metode untuk mengumpulkan dan menganalisis muatan dari sebuah " Isi teks. " Karena tujuan Analisis Isi yaitu berusaha memahami data bukan sebagai kumpulan peristiwa fisi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ustadi Hamz.ah, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: KH. Hasyim Asy'ari, Pesantren, Kitab al-Tibyan
Subjects: Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2022 09:11
Last Modified: 16 Nov 2022 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55093

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum