POLA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL KEAGAMAAN (STUDI KOMPARATIF ANTARA SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) DAN SMP IT BAITUSSALAM YOGYAKARTA)

Irja Putra Pratama, NIM.: 1220410017 (2014) POLA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL KEAGAMAAN (STUDI KOMPARATIF ANTARA SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) DAN SMP IT BAITUSSALAM YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL KEAGAMAAN (STUDI KOMPARATIF ANTARA SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) DAN SMP IT BAITUSSALAM YOGYAKARTA))
TESIS_IRJA PUTRA PRATAMA_BAB I dan BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (POLA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL KEAGAMAAN (STUDI KOMPARATIF ANTARA SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) DAN SMP IT BAITUSSALAM YOGYAKARTA))
TESIS_IRJA PUTRA PRATAMA_BAB II SAMPAI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (28MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari keinginan peneliti untuk melihat bagaimana sistem yang diterapkan oleh sekolah umum yang mempunyai ciri khas boarding dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan spiritual keagamaan. Sangat menarik untuk melihat bahwa dalam sistem boarding school yang ditawarkan, terdapat serangkaian kegiatan-kegiatan keagamaan yang diterapkan. Di Indonesia terdapat sekolah umum yang menerapkan sistem boarding, sekolah tersebut di bawah naungan Muhammadiyah dan juga di bawah naungan JSIT. Tentu keduanya mempunyai persamaan dan perbedaan yang mendasar dalam menerapkan sistem boarding yang menjadi ciri khas sekolah. Dan inilah yang melatar belakangi peneliti untuk melihat bagaimana pola internalisasi nilai-nilai pendidikan spiritual keagamaan yang ditawarkan dalam sistem boarding. Dan menganalisanya dengan analisa data secara komparatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori sekaligus pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori internalisasi nilai dimana mempunyai tahapan-tahapan dalam menerapkan teknik internalisasi nilai. Sedangkan pendekatan yang digunakan peneliti ialah pendekatan sosiologis-antropologis. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Pertama, pada tahap transformasi nilai, kedua sekolah menggunakan pola penyampaian nilai. Kedua, pada tahap transaksi nilai, kedua sekolah menggunakan pola pembinaan. Ketiga, pada tahap transinternalisasi nilai, kedua sekolah menggunakan pola pembiasaan. 2) persamaan yang ada pada kedua sekolah yaitu: Pertama, pada prosesnya. Kedua, pada faktor penggerak sistem boarding. Sedangkan perbedaannya yaitu: pertama, pada pola penyampaian nilai terdapat perbedaan yaitu: pada kegiatan belajar mengajar dan pada kegiatan boarding. Kedua, Pada pola pembinaan yaitu pada faktor pelaku yang mengorganisir kegiatan. Ketiga, Pada pola pembiasaan yaitu pada aspek kegiatan-kegiatan keagamaan yang ditawarkan. 3) Faktor pendukung meliputi: pendidikan non-dikotomi, sistem boarding yang mempunyai kegiatan-kegiatan keagamaan, ustadz pembina, organisasi siswa, program yang telah tersusun dan asrama. Yang membedakan faktor pendukungnya ialah jika di SMP Muhammadiyah Boarding School terdapat sistem memberi poin dalam menyetor hafalan, sedangkan di SMP IT Baitussalam terdapat kajian umum untuk wali santri dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu jadwal yang terlalu padat, pengawasan yang belum maksimal, kesadaran dan motivasi siswa, keterbatasan SDM Pendidik. Dan yang membedakan faktor penghambatnya ialah di SMP IT Baitussalam belum adanya pengawasan yang ketat dalam menyetor hafalan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: boarding school; lembaga pendidikan; internalisasi nilai; pendidikan spiritual keagamaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Agama (Religion)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Nov 2022 08:15
Last Modified: 16 Nov 2022 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55096

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum