PENGGUNAAN ISTILAH-ISTILAH PERDAGANGAN DALAM AL-QUR’AN (PERSPEKTIF SOSIOLINGUISTIK )

Nor Faridatunnisa, NIM.: 08530045 (2012) PENGGUNAAN ISTILAH-ISTILAH PERDAGANGAN DALAM AL-QUR’AN (PERSPEKTIF SOSIOLINGUISTIK ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN ISTILAH-ISTILAH PERDAGANGAN DALAM AL-QUR’AN (PERSPEKTIF SOSIOLINGUISTIK ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN ISTILAH-ISTILAH PERDAGANGAN DALAM AL-QUR’AN (PERSPEKTIF SOSIOLINGUISTIK ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Persoalan terbesar dan terberat bagi ummat Islam dari dahulu sampai sekarang adalah upaya kontekstualisasi al-Qur’an agar senantiasa relevan dalam setiap ruang dan waktu. Tempat yang paling strategis adalah menginterpretasikan al-Qur’an menggunakan perspektif-perspektif dan perangkat-perangkat metodologis yang ada. Perangkat-perangkat tersebut ada yang merupakan ilmu turunan dari Al-Qur’an dan ada juga yang menggunakan suatu perspektif yang diadopsi dari khazanah keilmuan lain. Berdasarkan fakta empirik yang terdapat dalam teks al-Qur’an, terdapat sangat banyak penggunaan kata serta istilah perdagangan dalam ayat-ayatnya. Penggunaaan ini, tidak terbatas pada ayat-ayat yang membicarakan masalah ekonomi dan mu’amalah semata, melainkan juga pada ayat-ayat yang berbau ketuhanan. Kenyataan ini, selanjutnya memunculkan berbagai pertanyaan di benak penulis, mengapa ayat-ayat teologis yang berbicara mengenai hubungan makhluk dengan khaliknya justru menggunakan bahasa dalam istilah yang berkaitan dengan ekonomi. Apa keterkaitannya dengan kondisi sosial Arab pada masa itu. Berangkat dari kegelisahan ini, penulis tertarik untuk mengkaji penggunaan istilah- istilah-istilah yang berhubungan dengan ekonomi dalam al- Qur’an ini dengan pendekatan sosiolinguistik. Penggunaan sosiolinguistik sebagai pendekatan tidak terlepas dari adanya suatu kenyataan bahwa suatu teks tidak akan terpisah dengan konteks yang melingkupinya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach) yang sumber datanya berasal dari literatur yang terdapat dalam kitab, buku, jurnal dan berbagai literatur lainnya. Metode yang disajikan adalah metode yang bersifat deskriptif-analisis. Data disajikan secara sistematis sehingga mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Di dalamnya dideskripsikan beberapa sampel penggunaan istilah-istilah perdagangan yang ada dalam al-Qur’an dan keadaan sosial masyarakat Arab secara umum, khususnya dari aspek ekonomi. Adapun analitis adalah menguraikan menguraikan data secara tepat dan terarah. Di sini akan dilihat bagaimana sesungguhnya penggunaan istilah perdagangan tersebut dilihat dengan kacamata sosiolinguistik. Setelah dilakukan penelusuran dan pengkajian ditemukan bahwa penggunaan istilah-perdagangan lebih banyak digunakan dalam ayat yang bernuansa teologis daripada yang mu’amalah. Hal ini cukup beralasan mengingat keadaan perdagangan masa itu yang sangat maju dan mendarah daging pada masyarakatnya. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa dilihat dengan pendekatan sosiolinguistik penggunaan istilah-istilah perdagangan yang ada dalam ayat al- Qur’an dipengaruhi oleh kondisi sosial serta profesi masyarakat Arab yang pada masa itu mayoritasnya adalah pedagang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Adib Sofia S.S. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perdagangan, Sosiolinguistik, Keadaan Sosial Arab
Subjects: al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2022 14:14
Last Modified: 16 Nov 2022 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum