AL IQTIBAS AL QUR'ANI FI AL SAHIFAH AL SAJADIYYAH LI ALI ZAINAL ABIDIN BIN AL HUSAIN RADIYALLAHU 'ANHUMA (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH)

Sugiyanto, NIM.: 0011 0291 (2005) AL IQTIBAS AL QUR'ANI FI AL SAHIFAH AL SAJADIYYAH LI ALI ZAINAL ABIDIN BIN AL HUSAIN RADIYALLAHU 'ANHUMA (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL IQTIBAS AL QUR'ANI FI AL SAHIFAH AL SAJADIYYAH LI ALI ZAINAL ABIDIN BIN AL HUSAIN RADIYALLAHU 'ANHUMA (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH))
00110291_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL IQTIBAS AL QUR'ANI FI AL SAHIFAH AL SAJADIYYAH LI ALI ZAINAL ABIDIN BIN AL HUSAIN RADIYALLAHU 'ANHUMA (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH))
00110291_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Abstraksi Obyek kajian penulisan skripsi ini adalah Shahifatussajadiyyah. Shahifatussajadiyyah merupakan kumpulan do'a-do'a ma'tsur dan munajatnya Imam Ali Zainal Abidin bin Al-Husain bin Abi Thalib, RA. Beliau tennasuk golongan para imam ahlul bait yang disucikan oleh Allah Swt dari segala macam kotoran. Membaca karya beliau kita dibuat terkagum. Gaya bahasanya sangat indah dan isinya sangat berbobot. Ini berkat kemampuan bahasa dan ketajaman pikirannya yang tak tertandingi dalam mengungkap hubungan manusia dengan Tuhannya, beserta rasa cinta dan ketergantungannya kepada khaliknya. Shahiffatussajadiyyah merupakan salah satu karya sosial yang amat besar. Disamping merupakan karya penting beliau yang selama berabad-abad menjadi sumber inspirasi, hidayah, ajaran etika, hak-hak dan kewajiban manusia. Metode pendekatan penelitian ini adalah analisis Balaghiyyah terutama dari sisi Ilmu Badi'. Ilmu Badi' adalah ilmu yang mencakup pembahasan penghias lafaz dan makna dengan bennacam-macam corak lafaz. Ilmu ini sebagaimana disyaratkan mencakup keindahan-keindahan lafaz dan makna. Diantara keindahan makna tersebut adalah dalam bentuk Iqtibas. Iqtibas adalah mengutip sesuatu kalimat dari Al-Qur'an atau Hadits, lalu disertakan kedalam suatu kalimat prosa atau syair tanpa dijelaskan bahwa kalimat yang dikutip itu berasal dari keduanya. Pada Iqtibas ini terdapat keindahan kemampuan seseorang yang baligh dalam menghubungkan ucapannya dengan kalimat yang dikutipnya. Dalam hal ini. Imam Ali Zainal Abidin, RA tennasuk orang yang mempunyai kemampuan bahasa dan ketajaman pikiran yang jemih. Sehingga mampu memadukan gaya bahasa Al-Our'an dan gaya bahasanya dalam Shahi[faussaiadiyyah. Setelah membaca Shahiffatussai adiyyah ini, dapat diketahui bahwa dalam karya ini banyak terdapat Igtibas dari Al-Our'an atau lqtibas Al-Qur'an( Hal ini semakin memperindah gaya bahasa, makna, serta memperkuat 2esan yang ingin disampaikan oleh Imam Ali Zainal Abidin, RA dalam Shahiffatussai adiyyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. HM. Mugoddas, Lc, M.A.
Uncontrolled Keywords: Shahifatussajadiyyah, Balaghiyyah, Jqtib:1s Al-Qur'ani.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2022 09:26
Last Modified: 17 Nov 2022 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55126

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum