PENGARUH INVESTASI, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN LEVERAGE OPERASI TERHADAP HUBUNGAN INTERDEPENDENSI ANTARA KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN KEBIJAKAN LEVERAGE KEUANGAN

Olik Lolita Feri, NIM.: 07390008 (2012) PENGARUH INVESTASI, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN LEVERAGE OPERASI TERHADAP HUBUNGAN INTERDEPENDENSI ANTARA KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN KEBIJAKAN LEVERAGE KEUANGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INVESTASI, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN LEVERAGE OPERASI TERHADAP HUBUNGAN INTERDEPENDENSI ANTARA KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN KEBIJAKAN LEVERAGE KEUANGAN)
B7D04C~X.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INVESTASI, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN LEVERAGE OPERASI TERHADAP HUBUNGAN INTERDEPENDENSI ANTARA KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN KEBIJAKAN LEVERAGE KEUANGAN)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy

Abstract

Keputusan investasi dalam suatu aset membutuhkan analisis dan pemahaman terhadap informasi sehingga keputusan investasi tersebut dapat memberikan keuntungan yang optimal bagi investor. Kebijakan dividen menentukan berapa banyak dari keuntungan yang harus dibayarkan kepada pemegang saham dan berapa banyak yang harus ditanam kembali di dalam perusahaan. Laba yang ditahan merupakan salah satu sumber dana yang terpenting untuk membiayai pertumbuhan perusahaan, tetapi dividen membentuk arus uang yang semakin banyak mengalir ke tangan para pemegang saham. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya beberapa pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda-beda atas nilai perusahaan. Sehingga terjadi konflik kepentingan antar agen sering disebut agency problem. Ide dasar pecking order of theory yaitu perusahaan membutuhkan dana eksternal apabila dana internal tidak cukup dan sumber dana eksternal yang diutamakan adalah hutang daripada emisi saham. Kebijakan kepemilikan saham oleh pihak manajemen, hutang, dan dividen dihubungkan secara langsung dengan teori keagenan dan teori signaling. Penelitian ini telah melalui proses pra-analisis dengan tujuan untuk menemukan bentuk model regresi terbaik dengan menggunakan analisis regresi berganda yang telah melalui uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil analisis menunjukkan bahwa investasi, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, leverage operasi, dan leverage keuangan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap dividen. Kemudian kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, leverage operasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap leverage keuangan. Namun, dividen dan investasi berpengaruh secara signifikan terhadap leverage keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Misnen Ardiansyah ,S.E., M.Si. dan Sunaryati ,S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Keagenan, Pecking Order, Kebijakan Dividen
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:38
Last Modified: 21 Nov 2022 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55161

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum