PENAKSIRAN HARGA BARANG JAMINAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI DI PEGADAIAN CABANG NGRAMBE, KABUPATEN NGAWI)

Rini Lestari, NIM.: 07380072 (2012) PENAKSIRAN HARGA BARANG JAMINAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI DI PEGADAIAN CABANG NGRAMBE, KABUPATEN NGAWI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAKSIRAN HARGA BARANG JAMINAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI DI PEGADAIAN CABANG NGRAMBE, KABUPATEN NGAWI))
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENAKSIRAN HARGA BARANG JAMINAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI DI PEGADAIAN CABANG NGRAMBE, KABUPATEN NGAWI))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa terlepas dari hubungan dengan manusia lain. Islam juga mengajarkan agar dalam hidup bermasyarakat dapat ditegakkan nilai-nilai keadilan dan dihindarkan dari praktik-praktik penindasan dan pemerasan. Tolong-menolong merupakan salah satu prinsip dalam bermuamalah. Bentuk tolong-menolong ini bisa berupa pemberian ataupun pinjaman. Bagi mereka yang memiliki barang-barang berharga namun kesulitan dana, dapat segera dipenuhi dengan cara menjual barang berharga tersebut, sehingga sejumlah uang yang diinginkan dapat terpenuhi. Namun resikonya barang yang telah dijual akan hilang dan sulit untuk kembali. Untuk mengatasi kesulitan di atas di mana kebutuhan dana dapat dipenuhi tanpa kehilangan barang-barang berharga, maka masyarakat dapat menjaminkan barang yang dimiliki ke lembaga tertentu, misalnya lembaga pegadaian. Sebelum nasabah memperoleh uang pinjaman, pihak pegadaian yaitu penaksir memberikan nilai taksiran terhadap barang agunan. Tidak dapat dipungkiri dalam suatu proses penaksiran muncul beberapa masalah. Misalnya yaitu pemberian nilai taksiran yang rendah, sehingga pemberian uang pinjaman tidak sesuai dengan harapan dan kebutuhan nasabah. Selain itu juga adanya kredit macet. Penyusun tertarik untuk meneliti tentang pandangan hukum Islam terhadap taksiran harga barang jaminan yang ada di pegadaian cabang Ngrambe, kabupaten Ngawi. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan, yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan datapenelitian ini berupa studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan meliputi observasi langsung dan wawancara kepada nasabah dan petugas pegadaian, baik pimpinan cabang maupun karyawan. Studi kepustakaan dengan cara mengumpulkan data yang berhubungan dengan materi penelitian. Sifat penelitian ini adalah deskiptif-analitik yang berlokasi di Perum Pegadaian Cabang Ngrambe. Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan normatif. Hasil dari penelitian ini adalah mendiskripsikan patokan penaksir dalam menaksir harga barang jaminan dan memberi kesimpulan bahwa penaksiran harga barang jaminan yang dilakukan petugas di pegadaian cabang Ngrambe kabupaten Ngawi menggunakan Buku Peraturan Menaksir (BPM) dan Surat Edaran (SE) yang berlaku dan berpatokan pada Harga Pasar Pusat (HPP), Harga Pasar Daerah (HPD) dan Harga Pasar Setempat (HPS) agar tidak ada pihak yang dirugikan dan terhindar dari unsur-unsur paksaan, penganiayaan dan pengambilan kesempatan dalam kesempitan sehingga tercipta nilai keadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kholid Zulfa, M.Si dan Bapak Yasin Baidi, S.Ag. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pegadaian, Patokan Penaksiran, Hukum Gadai
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Fiqih > Rahn - Gadai
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 21 Nov 2022 10:47
Last Modified: 21 Nov 2022 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55168

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum