PENGARUH INFLASI, PENDAPATAN NASIONAL (PDB) DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP DANA PIHAK KETIGA PADA BANK SYARIAH MANDIRI PERIODE 2003-2011

Siti Choiriyah, NIM.: 07390070 (2012) PENGARUH INFLASI, PENDAPATAN NASIONAL (PDB) DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP DANA PIHAK KETIGA PADA BANK SYARIAH MANDIRI PERIODE 2003-2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INFLASI, PENDAPATAN NASIONAL (PDB) DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP DANA PIHAK KETIGA PADA BANK SYARIAH MANDIRI PERIODE 2003-2011)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INFLASI, PENDAPATAN NASIONAL (PDB) DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP DANA PIHAK KETIGA PADA BANK SYARIAH MANDIRI PERIODE 2003-2011)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy

Abstract

Bank syariah di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang pesat. Perkembangan tersebut salah satunya dapat tercemin dengan meningkatnya jumlah bank syariah di Indonesia. Komponen terpenting dari suatu bank adalah dana, salah satu sumber dana bank berasal dari dana pihak ketiga (DPK) yang terdiri dari giro, tabungan dan deposito. Dana digunakan untuk operasional kegiatan pendanaan pada perbankan. Dalam proses penghimpunan dana pihak ketiga banyak faktor yang mempengaruhinya baik dari faktor eksternal maupun internal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kejelasan tentang besarnya pengaruh inflasi, pendapatan nasional (PDB) dan bagi hasil terhadap dana pihak ketiga (DPK) pada Bank Syariah Mandiri (BSM) pada periode 2003-2011. Penelitian ini masuk kedalam kategori penelitian terapan. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah Bank Syariah Mandiri (BSM). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dengan satuan angka. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Periode penelitian yang dilakukan dari triwulan I 2003 sampai triwulan II 2011 sehingga diperoleh data sejumlah 34. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah inflasi, pendapatan nasional (PDB) dan bagi hasil. Sedangkan dana pihak ketiga merupakan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari website. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan inflasi, pendapatan nasional (PDB) dan tingkat bagi hasil berpengaruh terhadap dana pihak ketiga pada Bank Syariah Mandiri. Sedangkan pengujian secara parsial pendapatan nasional (PDB) dan tingkat bagi hasil berpengaruh singnifikan terhadap dana pihak ketiga. Variabel inflasi terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap dana pihak ketiga, hal ini membuktikan bahwa inflasi tidak mempengaruhi masyarakat untuk menyimpan dananya. Melihat hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pendapatan nasional menjadi pertimbangan masyarakat untuk menyimpan dananya, jika ada peningkatan pendapatan maka akan diikuti peningkatan tabungan yang akan disimpan. Pertimbangan lain yaitu bagi hasil yang akan diterima, jika bagi hasil yang ditawarkan besar maka peminat untuk menyimpan dananya meningkat pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sunaryati, SE., M.Si dan M. Kurnia Rahman Abadi, SE., M.M Selaku
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah, Dana Pihak Ketiga (DPK), Inflasi, Pendapatan Nasional (PDB) Dan Bagi Hasil
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 21 Nov 2022 14:04
Last Modified: 21 Nov 2022 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum