PENGARUH RETURN ON ASSETS, DEBT TO EQUITY RATIO, PLOWBACK RATIO, DAN TINGKAT BONGA TERHADAP RENTABILITAS MODAL SENDIRI PADA PERUSAHAAN DI DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2007-2009

Subandi, NIM.: 04390112 (2011) PENGARUH RETURN ON ASSETS, DEBT TO EQUITY RATIO, PLOWBACK RATIO, DAN TINGKAT BONGA TERHADAP RENTABILITAS MODAL SENDIRI PADA PERUSAHAAN DI DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2007-2009. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RETURN ON ASSETS, DEBT TO EQUITY RATIO, PLOWBACK RATIO, DAN TINGKAT BONGA TERHADAP RENTABILITAS MODAL SENDIRI PADA PERUSAIIAAN DI DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 20072- 009)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RETURN ON ASSETS, DEBT TO EQUITY RATIO, PLOWBACK RATIO, DAN TINGKAT BONGA TERHADAP RENTABILITAS MODAL SENDIRI PADA PERUSAIIAAN DI DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 20072- 009)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (28MB) | Request a copy

Abstract

Krisis moneter yang te rjadi di Indonesia pada pertengahan bulan Juli 1997 akhimya berkembang menjadi krisis ekonomi yang berkepanjangan. Perusahaan­perusahaan besar yang sudah go public juga tidak terhindar dari dampak negatife krisis ekonomi karena berbagai alasan, antara lain kerugian kurs, turunnya nilai penjualan, membengkaknya biaya produksi maupu n beban bunga. Akan tetapi, alasan utama yang menyebabkan sebagian besar perusahaan publik mengalami kesulitan keuangan adalah karena kerugian kurs dan membengkaknya beban bunga yang harus dibayarkan kepada pihak kreditor. Sampai sekarang Kondisi perekonomian Indonesia yang masih dalam keadaan labil membuat para pengusaha harus dapat menghadapi segala risiko yang akan terjadi. Pertumbuhan perusahaan sering dipakai sebagai tolok ukur dalam men ilai perkembangan suatu perusahaan. Di dalam dunia bisnis, pengertian pertumbuhan menunjukkan semakin meningkatnya ukuran dan aktivitas perusahaan dalam jangka panjang. Banyak cara atau alat untuk mengukur pertumbuhan perusahaan, antara lain kenaikan penjualan dan kenaikan aktiva. Tetapi alat ukur yang meliba tkan semua keputusan dalam fungsi manajemen keuangan adalah pertumbuhan modal sendiri. Rentabilitas modal sendiri didefinisikan sebagai kemampuan untuk menghasilkan laba dari sejumlah modal sendiri yang digunakan Rentabilitas modal sendiri sebagai ukura n profitabilitas perusahaan tentunya tidak hanya menjadi indikator bagi pemilik perusahaan untuk mengevaluasi sejauh mana manajeme n yang ada tel ah bekerja dalam mengoptimalkan fungsi dan tugasnya dalam meningkatkan nilai perusahaan dan juga kesejahteraan para pemilik perusahaan, akan tetapi juga akan mampu menjadi sumber informasi bagi para investor yang akan menanamkan modalnya dalam perusahaan tersebut, sehingga dapat dijadikan acuan standar bahwa semakin tinggi rentabilitas modal sendiri maka investor akan semakin tertarik untuk melakukan investasi dan begitu pula sebaliknya. variabel- variabel yang berpengaruh dalam penelitan in i adalah Return on asset menunjukkan kemampuan menghasilkan laba dari aktiva yang dipergunakan, Debt to equity ratio merupakan rasio yang menunjukkan perbandingan antara total utang (utang jangka pendek dan utang jangka panjang) dengan total modal sendiri, Plowback ratio merupakan rasio yang menunjukkan tingkat keuntungan yang tidak dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen. Variabel yang terakhir adalah tingkat bunga kredit bagi perusahaan akan mempengaruhi biaya modal yang ditanggung perusahaan dari adanya utang. Tingkat bunga yang tinggi akan menyebabkan biaya modal menjadi tinggi, sehin gga akan mengurangi lab a bersih yang diterim a oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sunarsih, S.E., M.Si. dan Joko Setyono, S.E.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Rentabi/Itas Modal Sendiri, Return On Asset, Debt To Equity Ratio, Plowbackratio Dan Ting/Rat Bunga Kredit
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 21 Nov 2022 14:25
Last Modified: 21 Nov 2022 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum