AKSESIBILITAS UMKM TERHADAP SUMBER PEMBIAYAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYAR’IAH ( STUDI KASUS PADA BMT DANA INSANI CABANG WONOSARI)

Syaikhuddin Anshori, NIM.: 07390032 (2012) AKSESIBILITAS UMKM TERHADAP SUMBER PEMBIAYAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYAR’IAH ( STUDI KASUS PADA BMT DANA INSANI CABANG WONOSARI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKSESIBILITAS UMKM TERHADAP SUMBER PEMBIAYAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYAR’IAH ( STUDI KASUS PADA BMT DANA INSANI CABANG WONOSARI))
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (AKSESIBILITAS UMKM TERHADAP SUMBER PEMBIAYAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYAR’IAH ( STUDI KASUS PADA BMT DANA INSANI CABANG WONOSARI))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy

Abstract

Menjamurnya UMKM di Indonesia kurang diimbangi dengan kemampuan UMKM untuk mengakses sumber pembiayaan yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga keuangan. Lembaga Keuangan beranggapan bahwa pembiayaan terhadap UMKM tidak ekonomis dan berisiko. Lembaga Keuangan Mikro disebut-sebut sebagai “jalan keluar” bagi UMKM dalam mengakses sumber pembiayaan. Lembaga Keuangan Mikro yang akhir-akhir ini tumbuh pesat adalah Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang penyelenggarannya sesuai dengan prinsip-prinsip syariat islam. Namun apakah tumbuh pesatnya Lembaga Keuangan Mikro Syariah juga diikuti dengan upaya memudahkan UMKM untuk mengakses pembiayaan dari lembaga keuangan? Penelitian ini termasuk kategori penelitian survei, dengan fokus penelitian kepada nasabah pembiayaan BMT Dana Insani Cabang Wonosari. Responden dipilih dengan ciri-ciri tertentu (purposive sampling). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aksesibilitas UMKM dalam memperoleh pembiayaan Lembaga Keuangan Mikro Syariah, yang dilihat dari strategi bauran pemasaran yang ditarapkan oleh BMT Dana Insani Wonosari. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian secara simultan diperoleh kesimpulan bahwa keempat faktor yaitu produk, harga, promosi dan tempat berpengaruh secara signifikan terhadap aksesibilitas UMKM dalam mengakses pembiayaan Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Variasi-variabel independen dapat menjelaskan variasi variabel dependen sebesar 42,6%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variasi variabel lain. Secara parsial, hanya variabel harga dan promosi yang berpengaruh signifikan terhadap aksesibiltas UMKM dalam memperoleh pembiayaan Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Sedangkan variabel produk dan tempat tidak berpengaruh signifikan terhadap aksesibilitas UMKM dalam memeproleh pembiayaan Lembaga Keuangan Mikro Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Syafiq M. Hanafi, M.Ag dan H. M. Yazid Afandi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Aksesibilitas, Bauran Pemasaran, UMKM, Lembaga Keuangan Mikro Syariah
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 22 Nov 2022 08:28
Last Modified: 22 Nov 2022 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55187

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum