PENAFSIRAN QS. AL-HIJR [15]: 6-11 PERSPEKTIF MA’NA-CUMMAGHZA

Aty Munshihah, S.Ag., NIM.: 20205031005 (2022) PENAFSIRAN QS. AL-HIJR [15]: 6-11 PERSPEKTIF MA’NA-CUMMAGHZA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN QS. AL-HIJR [15]: 6-11 PERSPEKTIF MA’NACUMMAGHZA)
20205031005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENAFSIRAN QS. AL-HIJR [15]: 6-11 PERSPEKTIF MA’NACUMMAGHZA)
20205031005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Selama ini QS. Al-Hijr [15]: 9 sering digunakan sebagai dalil menghafal Al- Qur’an. Terlihat dari beberapa penulisan yang menyebutkan bahwa ayat tersebut merupakan landasan dasar menghafal Al-Qur’an. Namun ketika ayat ini dilihat dalam konteksnya, maka dapat diketahui bahwa seutuhnya bukan berbicara mengenai ketentuan menghafal Al-Qur’an. Sehingga, pergeseran makna dapat terjadi karena adanya unsur yang belum dilihat dari pendapat sebelumya. Hal ini menjadi langkah awal reinterpretasi QS. Al-Hijr [15]: 9 menjadikan maknanya lebih luas karena dilihat segala sisi yang berkesinambungan terhadapnya. Kejadian yang demikian terjadi sebab belum seutuhnya membaca konteks yang ada pada ayat. Sehingga penulis ingin menjawab persoalan tersebut dengan mereinterpretasi kembali dengan menggunakan pendekatan ma’na-cum-maghza yaitu sebuah pendekatan yang tidak hanya melihat literal ayat namun juga konteks historisnya. Dengan menggunakan pendekatan ini maka penulis akan menggali tiga unsur pokok yang menjadi dasar untuk mnendapatkan makna secara utuh. Tiga unsur tersebut ialah ma’na at-tarikhi (makna historis), maghza at-tarikhi (signifikansi fenomenal historis) dan mutah{arrik ma’asir (signifikansi fenomenal dinamis). Penulisan ini tergolong kepada penulisan kualitatif-kepustakaan yang didukung dengan sumber data klasik dan dipadukan dengan keilmuan modern lainnya. Adapun hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa.ma’na.atta< rikhi.(makna historis)).ayat.ini..bukan hanya berbicara mengenai menghafal Al- Qur’an namun terkait tantangan dakwah Nabi saw. pada masa awal di Mekkah. Dalam ayat yang dibahas z|ikr diartikan dengan sebuah peringatan dengan menampilkan sebuah memori masa lampau yaitu kisah-kisah kaum terdahulu maka di dalamnya ditemukan sebuah hal yang baik dan buruk agar dapat diambil ibrahnya. Sedangkan hifz dimaknai dengan penjagaan terhadap sesuatu, ia mengalami perubahan dari sintagmatisnya hingga membuat konteks yang berbeda. Selanjutnya maghza at-tarikhi (signifikansi fenomenal historis) yang ditemukan bahwa: (1) Penurunan Al-Qur’an yang bersumber dari Allah swt. tidak hanya sekedar petunjuk dengan kandungan hukum, tetapi juga memiliki fungsi untuk melapangkan hati Nabi yang mendapatkan tantangan dalam proses penyebaran Islam; (2) Praktik penjagaan Al-Qur’an dapat dilakukan menyesuaikan konteks yang berkembang. Implikasi dari ma’na-cum-maghza adalah menemukan.maghza.al-mutaharrik/mutah{arrik.ma’as{ir..((signifikansi..fenomenal dinamis)..yaitu setiap pendakwah termasuklah paraa muballigh, kyai, dan pemikir yang menyampaikan kebenaran tidak akan luput dari penolakan, dan tantangan lainnya, sehingga sudah sepatutnya untuk bersabar, meneguhkan hati dan menyadari bahwa itulah konsekuensi dari berdakwah. Selain dari pada itu, hiburan Allah swt. berupa Al-Qur’an mengalami penjagaan yang menyesuaikan pada eranya dan saat ini metode penjagaan itu telah berkembang melalui digitalisasi (ditinjau dari penjagaan segi teks ayat) dan penafsiran kontekstual (ditinjau dari penjagaan segi makna ayat). Kontribusi penulisaan ini adalah dapat menambah rasa semangat berdakwah dengan keyakinan bahwa pertolongan Allah swt. pasti

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Phil. Sahiron, M.A.
Uncontrolled Keywords: Maghza at-Tarikhi; linguistik; dakwah Nabi
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Nov 2022 09:05
Last Modified: 23 Nov 2022 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55198

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum