KONTRIBUSI PENGEMBANGAN FITRAH MANUSIA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID)

Titik Nur Fariha, NIM.: 07410158 (2012) KONTRIBUSI PENGEMBANGAN FITRAH MANUSIA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI PENGEMBANGAN FITRAH MANUSIA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI PENGEMBANGAN FITRAH MANUSIA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan pada dasarnya tidak semata-mata untuk kepentingan individu, melainkan erat kaitannya dengan kepentingan sosial. Dalam Islam, konsep belajar/pendidikan berkaityan erat dengan kepentingan umat dan lingkungan. Itulah sebabnya proses pendidikan senantiasa dikorelasikan dengan kebutuhan lingkungan dan lingkungan dijadikan sebagai salah satu sumber belajar. Harapan dari adanya korelasi antara pendidikan dengan lingkungan ini adalah upaya untuk memberikan kesempatan pada peserta didik untuk dapat belajar dengan berwawaskan lingkungan sehingga dapat membantu menggali dan menumbuh kembangkan potensi masing-masing peserta didik. Dengan demikian pengembangan potensi (fitrah) yang dimiliki tiap individu adalah menjadi hal yang penting terlebih dalam dunia pendidikan. Adalah Nurcholish Madjid, seorang pembaharu Islam yang memiliki gagasan tentang fitrah manusia yang sedikit berbeda dari gagasan yang diusung oleh tokoh-tokoh lain. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep fitrah manusia menurut Cak Nur dan kontribusinya terhadap tujuan dan materi pendidikan Islam. Penelitian ini dilihat dari jenisnya termasuk penelitian kepustakaan (library research). Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan filosofis-sosiologis. Pendekatan ini dianggap relevan dengan tujuan dan objek penelitian ini karena objek kajian dalam penelitian ini merupakan pemikiran tokoh. Dari hasil penelitian, penulis berhasil menemukan jawaban dari pokok permasalahan, Pertama: Fitrah manusia menurut Cak Nur adalah bentuk keseluruhan tentang diri manusia yang secara asasi dan prinsipil membedakannya dari mahluk-mahluk yang lain. Konsep fitrah manusia menurut Cak Nur tidak hanya sebatas mengenai kejadian penciptaan manusia tetapi lebih menekankan pada bentuk keseluruhan atas manusia baik dari sisi jasmani maupun rohani dan menuntut adanya keseimbangan diantara keduanya. Sehingga dari keseimbangan tersebut akan terwujud seorang manusia sejati (insan kamil) yang senantiasa menuju pada kebenaran yang hakiki (Allah SWT). Kedua; kontribusi pengembangan fitrah manusia dalam pendidikan Islam yakni untuk membantu mewujudkan tercapainya tujuan dan materi pendidikan Islam tersebut. Fitrah (yang didalamnya terdapat potensi dasar) yang dikembangkan kemudian diarahkan kepada pengaktualan potensi dengan memasuki berbagai bidang kehidupan. Dan dari sini pula dapat diketahui adanya hubungan simbiosismutualisme antara fitrah manusia dengan Pendidikan Islam. Yang mana fitrah manusia memicu adanya pendidikan Islam, dan juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nurcholish Madjid, Fitrah Manusia, Pendidikan Islam
Subjects: Islam dan Pemikiran
PENDIDIKAN ISLAM - FILSAFAT
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 09:00
Last Modified: 28 Nov 2022 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55210

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum