NILAI TOLERANSI DALAM PENDIDIKAN AGAMA DI PLAY GROUP FLAMBOYAN CILIK DEMANGAN YOGYAKARTA

Siti Nurmalasari, NIM.: 07410180 (2012) NILAI TOLERANSI DALAM PENDIDIKAN AGAMA DI PLAY GROUP FLAMBOYAN CILIK DEMANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI TOLERANSI DALAM PENDIDIKAN AGAMA DI PLAY GROUP FLAMBOYAN CILIK DEMANGAN YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI TOLERANSI DALAM PENDIDIKAN AGAMA DI PLAY GROUP FLAMBOYAN CILIK DEMANGAN YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Toleransi merupakan hal yang sangat penting dalam masyarakat, hal itu lah yang menjadi isyarat pentingnya mengajarkan sikap toleransi kepada anak sejak dini. Toleransi beragama berarti saling menghormati dan peduli terhadap pemeluk agama lain, Dengan latar belakang keyakinan (agama) yang berbeda-beda yang dimiliki peserta didik tetapi mereka mampu menjalankan pendidikan dengan tentram dan damai, Setiap murid di Play Group Flamboyan Cilik mendapat hak pendidikan agama yang sama. Sehingga para murid berdampingan dengan tenang, damai serta harmonis. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kegiatan pendidikan agama, bagaimana metode atau strategi pembelajaran pendidikan agama yang digunakan, dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanan metode pembelajaran Pendidikan agama di Play Group Flamboyan Cilik Demangan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualiatatif yang menghasilkan datadata deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan tentang orang-orang atau perilaku yang diamati yaitu guru dan peserta didik di play group flamboyan cilik demangan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk tehnik analis data di pergunakan yaitu tehnik analisi data deduktif dengan mengklasifikasikan data-data yang terpisah menjadi suatu rangkaian yang berhubungan, analis data induktif, yang cara berfikirnya berangkat dari peristiwa yang khusus, yang kemudian di tarik kesimpulan yang umum. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kegiatan pembelajaran pendidikan agama yang digunakan adalah Pendidikan agama yang bersifat tematik/sederhana melalui pembiasan dan keteladan yang diberikan pendidik dalam kegiatan seharihari, hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mereka agar selalu berprilaku humanis, pluralis dan demokrasi dengan menerapkan nilai toleransi beragama pada anak. (2) Metode yang digunakan adalah metode keteladanan, kebiasaan, pengawasan, metode bermain, metode hukuman, metode bercerita, wisata studi dan metode kerja tim.(3) Faktor pendukung: kemampuan dasar anak, orang tua dan alat peraga. Sedangkan faktor penghambat: karakter pribadi guru, orang tua yang pasrah pada guru, kerjasama orang tua dengan guru yang kurang, wali murid yang menunggu anaknya sampai pulang sekolah kurangnya. Sedangkan faktor dari murid yaitu mencari perhatian dikelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama, Play Group Flamboyan, Toleransi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Toleransi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 10:00
Last Modified: 28 Nov 2022 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum