PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS V DI SDN KUTOANYAR, KEDU, TEMANGGUNG

Yusup Wibowo, NIM.: 07410202 (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS V DI SDN KUTOANYAR, KEDU, TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS V DI SDN KUTOANYAR, KEDU, TEMANGGUNG)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS V DI SDN KUTOANYAR, KEDU, TEMANGGUNG)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah idealnya hasil belajar lebih baik dan sempurna bila siswa tidak hanya sekedar menerima dan menyerap informasi yang disampaikan oleh guru, tetapi siswa dapat melibatkan diri dalam kegiatan pembelajaran. Namun kenyataanya guru dalam mengajar mata pelajaran PAI di SDN Kutoanyar, masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan mengharapkan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hapal serta secara tidak langsung menekankan adanya kompetisi antara siswa satu sama lain untuk memperoleh nilai yang lebih tinggi dari teman yang lain tanpa ada unsur saling bekerjasama dan cenderung monoton dan membosankan, sehingga menurunkan motivasi belajar siswa. Kondisi ini pada gilirannya berdampak pada prestasi belajar. Maka dari itu perlu di adakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi strategi Make a Match siswa dalam pembelajaran PAI dan mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi Make a Match. Dan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kutoanyar, Kedu, Temanggung dari 12 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran PAI berlangsung dengan menggunakan lembar observasi prestasi belajar siswa, angket respon siswa, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari hasil catatan peneliti selama penerapan strategi pembelajaran Make a Match pada siklus III menjadi lebih baik dari siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan siklus III ini prestasi belajar siswa telah mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi proses pembelajaran dengan penerapan strategi Make a Match untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 54,17% untuk siklus II sebesar 65,7% dan siklus III sebesar 68,5% dan hasil dari angket respon siswa terhadap pembelajaran juga meningkat yaitu sebesar 64,7% pada siklus I, pada siklus II sebesar 70,6% dan pada siklus III sebesar 75,6%. Selain itu dari hasil penilaian individu rata-rata kelas pada siklus I sebesar 5,3, pada siklus II sebesar 7,5 dan siklus III sebesar 8.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suwardi, M.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Make a Match, Pembelajaran PAI, Peningkatan Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 10:03
Last Modified: 28 Nov 2022 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum