GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA USTADZ/USTADZAH DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA PERIODE 2009-2011 M

Siti Khoiriyyah, NIM.: 07470050 (2011) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA USTADZ/USTADZAH DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA PERIODE 2009-2011 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA USTADZ/USTADZAH DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA PERIODE 2009-2011 M)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA USTADZ/USTADZAH DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA PERIODE 2009-2011 M)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemimpin kepala madrasah diniyah dalam meningkatkan motivasi kinerja ustadz/ustadzah di pondok pesantren nurul ummah putri kotagede yogyakarta, upaya yang dilakukan kepala sekolah selaku pemimpin dalam meningkatkan motivasi kinerja ustadz/ustadzah dan bagaimana usaha pemimpin dalam menyikapi faktor pendukung dan penghambat kinerja ustadz/ustadzahnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di madrasah diniyah nurul ummah putri pondok pesantren nurul ummah putri kotagede yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif yakni upaya yang digunakan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat di kelola, mensintesiskannya, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari dan memutuskan apa yang dapat diceritakan pada orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin dalam meningkatkan motivasi kinerja ustadz/ustadzah yang diterapkan di madrasah diniyah nurul ummah putri kotagede yogyakarta adalah dengan menggunakan gaya kepemimpinan demokrasi yang mana pemimpin selalu menerima saran dan kritik dari bawahan, selalu bermusyawaroh dan selalu memberikan semangat motivasi. Namun beliau juga termasuk dalam gaya kepemimpinan karismatik yakni pemimpin mempunya daya tarik yang besar untuk menjadi pemimpin dan karismanya juga menunjukkan sebagai seorang pemimpin. Sedangkan hasil yang dicapai dalam usahanya untuk meningkatkan motivasi ustadz/ustadzah yakni guru menjadi lebih semangat dalam mengajar dan siswapun menjadi merasa terbuka dengan semua ustadz/ustadzah dan kepala madrasah. Adapun usaha yang dilakukan pemimpin dalam meningkatkan motivasi yaitu dengan mengadakan rapat, evaluasi, telephone/sms dan bersikap ramah pada setiap ustadz/ustadzah maupun siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhamad Anis, M.A
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kinerja, Strategi Kepemimpinan
Subjects: Kepemimpinan Dalam Islam
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 11:28
Last Modified: 28 Nov 2022 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55216

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum