PEMBIASAAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK (STUDI DI PLAY GROUP FLAMBOYAN CILIK DEMANGAN YOGYAKARTA)

Wahyuni, NIM.: 08410004 (2012) PEMBIASAAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK (STUDI DI PLAY GROUP FLAMBOYAN CILIK DEMANGAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBIASAAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK (STUDI DI PLAY GROUP FLAMBOYAN CILIK DEMANGAN YOGYAKARTA))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBIASAAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK (STUDI DI PLAY GROUP FLAMBOYAN CILIK DEMANGAN YOGYAKARTA))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian, guru pada umumnya selalu mengedepankan pembelajaran dalam segi kognitif. Seringkali penanaman budi pekerti dan penanaman nilai-nilai karakternya dikesampingkan. Dalam artian pendidikan hanya mentransfer ilmu (transfer of knowladge) dan mengesampingkan penanaman nilai-nilai (transfer of values) bahkan tidak ada usaha untuk penanaman. Hanya sebagian kecil saja penanaman budi pekerti dan pendidikan karakter yang ditanamkan melalui pembelajaran di sekolah. Pendidikan hanya dijadikan sebagai sebuah ajang bersaing untuk memperoleh rangking dan menjadi yang terbaik di sekolah. apa saja peran guru, Materi apa saja yang diajarkan guru dan faktor pendukung dan penghambat dalam membiasakan nilai-nilai keislaman untuk membentuk karakter anak di Play Group Flamboyan Cilik Demangan Yogyakarta. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru, materi yang diajarkan guru, faktor pendukung dan penghambat dalam membiasakan nilai-nilai keislaman untuk membentuk karakter anak di Play Group Flamboyan Cilik Demangan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualiatatif yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan tentang orang-orang atau perilaku yang diamati yaitu guru dan peserta didik di Play Grop Flamboyan Cilik Demangan Yogyakarta. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan/observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk tehnik analisis data dipergunakan tehnik deskriptik analitik yaitu tehnik analisis data dengan menuturkan, menafsirkan serta mengklasifikasikan, dan membandingkan fenomena-fenomena dengan menggunakan pemikiran secara induktif, yang cara berfikirnya berangkat dari faktor-faktor atau peristiwa yang khusus, yang kemudian ditarik kesimpulan yang umum. Hasil penelitian menunjukan: (1) Materi yang diajarkan guru dalam pembentukan karakter anak antara lain: Doa sehari-hari, sopan santun (bertutur kata yang baik, bersalaman dan mencium tangan guru dan orang tua), mandiri, berbagi, tanggungjawab, jujur, peduli dan tolong menolong terhadap sesama dan saling menghormati. (2) Peran guru dalam pembantukan karakter anak antara lain: Peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai pengarah, peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai model dan teladan. (3) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam pembentukan karakter anak antara lain: Faktor pendukung: kemauan dasar peserta didik, kerjasama yang baik antara guru dan orang tua. Faktor penghambat: Pola pengasuhan yang berbeda, lingkungan sekitar sekolah, pengaruh teman sebaya/teman bermain dan karakter kepribadian guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Karakter Anak, Program Pembelajaran, Nilai-Nilai Keislaman
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 11:38
Last Modified: 28 Nov 2022 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55218

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum