USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG

Siti Qomala Khayati, NIM.: 08410041 (2012) USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pendidikan, faktor keluarga dan juga faktor dalam diri siswa serta banyak faktor lainnya membuat belajar siswa SMP Remaja Parakan Temanggung terganggu sampai menemui kesulitan belajar khususnya bidang studi Pendidikan Agama Islam. Selain itu, keinginan untuk mengetahui bentuk kesulitan-kesulitan belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam dan usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Remaja Parakan Temanggung membuat penulis berkeinginan untuk mengadakan penelitian tentang Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Remaja Parakan Temanggung.. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di SMP Remaja Parakan Temanggung. Subyek data dalam penelitian ini adalah guru PAI, staff sekolah, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Penarikan kesimpulan dalam pandangan ini hanyalah sebagian dari satu kegiatan konfigurasi yang utuh. Kesimpulan–kesimpulan juga diverifikasi (pemikiran kembali) yang melintas dalam pikiran penganalisa selama menulis dan merupakan suatu tinjauan ulang pada catatan–catatan lapangan Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan siswa di bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Remaja Parakan Temanggung adalah: sulit dalam membaca, menulis dan menerjemahkan ayat-ayat Al Qur’an, sulit dalam mempraktekkan gerakan-gerakan shalat dan menghafalkan bacaanbacaan salat, serta kurangnya pemahaman dan pengamalan materi. Usaha yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mnegatasi kesulitan belajar siswa di bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Remaja Parakan Temanggung yaitu ada dua usaha. Usaha pertama yang bersifat kuratif atau menyembuhkan diantaranya yaitu dengan melatih membaca dalil, menulis, dan menerjemahkan melalui kegiatan mengaji bersama; menghafal tokoh dan sejarah, doa, dalil dan praktek salat; pemahaman, penghayatan dan pengamalan materi melalui remedial teaching; dan peningkatan kemampuan peserta didik dalam memahami materi. Usaha yang kedua yaitu bersifat preventif atau mencegah melaui menjalin kerja sama antara guru Pendidikan Agama Islam dengan wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling, Wali murid, dan Kepala Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Kesulitan Belajar, Guru PAI
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
ISLAM DAN PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 11:42
Last Modified: 28 Nov 2022 11:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum