PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SMPLB NEGERI 2 YOGYAKARTA

Supitri Okfia, NIM.: 08410101 (2012) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SMPLB NEGERI 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SMPLB NEGERI 2 YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SMPLB NEGERI 2 YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran merupakan faktor penunjang di dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Namun kenyataannya yang terjadi media pembelajaran yang khusus bagi siswa tunagrahita sangat terbatas. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang media yang digunakan untuk siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media apa saja yang digunakan dalam Pendidikan Agama Islam, mendeskripsikan dan menganalisis secara tentang penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB N 2 Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar SMPLB N 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi menggunakan pendekatan pedagogis. Hasil penelitian menunjukan: 1) Guru melaksanakan proses pembelajaran PAI, menggunkan berbagai macam media pembelajaran, yaitu: media visual berupa gambar tata cara wudhu, shalat, media audio visual berupa CD pembelajaran. 2) Dalam menggunakan media pembelajaran, guru mempunyai berbagai cara. Cara penggunaan media pembelajaran tersebut tergantung kepada sifat dan bentuk dari media yang digunakan. Misalnya materi tentang macam-macam najis guru menggunakan media audio visual CD pembelajaran dan gambar-gambar tata cara shalat. 3) Faktor pendukung kreatifitas guru dalam memanfaatkan media, motivasi guru, motivasi siswa, dan sarana prasarana yang didukung oleh pihak sekolah walaupun belum sepenuhnya tersedia. Sedangkan faktor penghambat adalah belum adanya buku pegangan guru PAI untuk anak tunagrahita dan siswa yang lambat dalam menerima materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Pendidikan Agama Islam, Disabilitas, Anak Tunagrahita Ringan
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 11:53
Last Modified: 28 Nov 2022 11:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55222

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum