INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PELAKSANAAN ASISTENSI PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) BAGI MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Suprima, NIM.: 08410119 (2011) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PELAKSANAAN ASISTENSI PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) BAGI MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PELAKSANAAN ASISTENSI PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) BAGI MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PELAKSANAAN ASISTENSI PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) BAGI MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari kegelisahan atas realitas yang ada pada sebagian besar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terkait kualitas kepribadian yang belum sebagaimana yang diidealkan. Indikasi-indikasi yang bisa dilihat diantaranya; (1). Cara berpakaian dan penampilan mahasiswa yang belum sebagaimana menjadi cerminan calon pendidik dan tenaga kependidikan Islam; (2). Banyaknya mahasiswa yang tidak lancar dan tidak benar dalam membaca al Quran; (3). Kepedulian mahasiswa pada kebersihan lingkungan yang cukup rendah; (4). Cara mahasiswa memarkirkan kendaraan yang belum sebagaimana mestinya. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah ; (1). Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pelaksanaan asistensi pengembangan kepribadian dan tahsinul Qur’an bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga; (2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pelaksanaan asistensi pengembangan kepribadian dan tahsinul Qur’an bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga; (3). Bagaimana hasil internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pelaksanaan asistensi pengembangan kepribadian dan tahsinul Qur’an bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan asistensi serta mengetahui hasil proses internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pelaksanaan asistensi pengembangan kepribadian dan tahsinul Qur’an bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar program Pengembangan Kepribadian dan Tahsinul Qur’an (PKTQ) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pelaksanaan asistensi pengembangan kepribadian dan tahsinul Qur’an dilaksanakan melalui kegiatan asistensi yang terkait dengan internalisasi nilai melalui diskusi tentang kepribadian, keislaman, dan tahsinul Qur’an. Pelaksanaan asistensi pengembangan kepribadian dilakukan secara kelompok, karena hal itu dapat menanamkan nilai-nilai bagi peserta asistensi dengan adanya nasihat dan bimbingan (pendampingan). Sedangkan kegiatan keislaman dan tahsinul Qur’an dilakukan rutin setiap pelaksanaan asistensi. Proses penanaman nilai-nilai keislaman bagi peserta asistensi tersebut dilakukan dengan melatih dan membiasakan berperilaku saling mengenal, saling menghargai, adil, saling menolong, dan bersikap tasawuth (moderat).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Asistensi, Internalisasi Keislaman, Pengembangan Kepribadian dan Tahsinul Qur’an (PKTQ)
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 11:57
Last Modified: 28 Nov 2022 11:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum