PELAKSANAAN PENGAJARAN SHALAT DI FORUM PENGAJIAN MALAM JUMAT JAMAAH MASJID AL-HIDAYAH KRAGILAN SINDUADI MLATI SLEMAN

Susi Susanti, NIM.: 08410133 (2011) PELAKSANAAN PENGAJARAN SHALAT DI FORUM PENGAJIAN MALAM JUMAT JAMAAH MASJID AL-HIDAYAH KRAGILAN SINDUADI MLATI SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENGAJARAN SHALAT DI FORUM PENGAJIAN MALAM JUMAT JAMAAH MASJID AL-HIDAYAH KRAGILAN SINDUADI MLATI SLEMAN)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENGAJARAN SHALAT DI FORUM PENGAJIAN MALAM JUMAT JAMAAH MASJID AL-HIDAYAH KRAGILAN SINDUADI MLATI SLEMAN)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah seorang muslim wajib bisa melakukan ibadah shalat secara baik dan benar, mulai dari melaksanakan ketentuan-ketentuannya, melafalkan bacaan-bacaannya, serta melakukan gerakan-gerakannya. Namun dalam kenyataannya masih banyak para jamaah masjid yang melakukan kesalahan dalam gerakan dan bacaan shalat seperti yang terjadi pada jamaah masjid Al-Hidayah Kragilan Sinduadi Mlati Sleman. Sadar akan hal tersebut, para jamaah berinisiatif membentuk kegiatan pengajaran shalat di forum pengajian. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pengajaran shalat di forum pengajian tersebut, apa saja metode yang digunakan dalam pengajaran shalat di forum pengajian tersebut, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat pengajaran shalat di forum pengajian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pengajaran shalat di forum pengajian tersebut, mengetahui apa saja metode yang digunakan dalam pengajaran shalat di forum pengajian tersebut, serta mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pengajaran shalat di forum pengajian tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan masukan bagi masyarakat untuk melaksanakan pengajaran shalat di forum pengajian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar masjid Al-Hidayah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif, yakni memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pengajaran shalat di forum pengajian malam Jumat jamaah masjid Al-Hidayah Kragilan Sinduadi Mlati Sleman dimulai pukul 20.00 wib hingga 22.00 wib, dengan acara pembukaan, belajar membaca dan menghafal surat-surat pendek, pengajian inti (Pengajaran Shalat), lain-lain, dan penutup. (2) Metode yang digunakan dalam pengajaran shalat di forum pengajian malam Jumat jamaah masjid Al-Hidayah Kragilan Sinduadi Mlati Sleman adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi, drill (latihan), dan pembiasaan. (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pengajaran shalat di forum pengajian malam Jumat jamaah masjid Al-Hidayah Kragilan Sinduadi Mlati Sleman berasal dari beberapa faktor. Untuk faktor pendukung berasal dari waktu, tempat, jamaah pengajian, dan ustad pengisi pengajian, seperti adanya motivasi yang tinggi untuk bisa melaksanakan shalat dengan baik dan benar, ustad tidak terkesan menggurui. Sedangkan faktor penghambat berasal dari waktu serta sarana prasarana yang ada, seperti kurangnya juz amma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Shalat, Forum Pengajian Malam Jumat, Metode Pengajaran Shalat
Subjects: Islam dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 13:55
Last Modified: 28 Nov 2022 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55226

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum