PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP SANTRI DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL

Yuli Nur Kholid, NIM.: 08410155 (2011) PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP SANTRI DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP SANTRI DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP SANTRI DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa pendidikan karakter atau akhlak saat ini mendesak dilakukan. Dipahami dari perspektif munculnya fenomena pelanggaran tata-nilai dan norma sosial di dalam masyarakat umunya bangsa kita. Kemudian pesantren disinyalir telah mengembangkan pendidikan karakter. Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul berusaha membentuk kepribadian santri melalui sebuah sistem penanaman karakter. Tujuan penelitian ini, (1) Untuk mengetahui wujud pendidikan karakter terhadap santri di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul. (2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan pengasuh dan asatiż dalam menanamkan nilai-nilai karakter. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses pendidikan karakter santri. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah psikologi dan etnografi, untuk mengetahui kondisi jiwa santri dalam proses penanaman nilai-nilai keagamaan sebagai karakter yang terintegrasi, dan untuk mendeskripsikan sistem penanaman karakter yang ada dilapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: wujud pendidikan karakter atau akhlak terhadap santri, dilakukan melalui proses pendidikan secara terus-menerus, dan berkesinambungan antara kegiatan tatap muka teoritik-literer dengan praktik keseharian santri dalam lingkungan kondusif-aplikatif. Dari proses tersebut, penanaman karakter religius (keimanan dan ketaqwaan) menjadi nilai utama dalam membentuk karakter-karakter mulia seperti jujur, kasih sayang, kesederhanaan, mandiri, sungguh-sungguh, tanggung jawab, disiplin, peduli, kebersamaan, dan kerja keras. Upaya pengasuh dan asatiż dalam menanamkan nilai-nilai karakter santri dilakukan dengan menciptakan sistem penanaman di dalam lingkungan pondok pesantren. Upaya-upaya yang dilakukan merupakan unsur-unsur pembentuk dari sistem penanaman karakter itu sendiri, diantaranya: (1) rutinitas dan pembiasaan, (2) adanya figur keteladanan, (3) menciptakan lingkungan yang kondusif dan bersifat asuh, (4) olah jiwa dan riyaḍoh. Faktor pendukung dalam proses pendidikan karakter santri adalah lingkungan sekeliling pondok pesantren yang kondusif dan strategis dan adanya dukungan dari masyarakat sekitar. Faktor penghambatnya: terdapat beberapa santri yang memang sulit untuk dibimbing dan dikendalikan, dan kadang kala mempengaruhi santri-santri yang lain, dan adanya anak-anak luar pesantren yang masuk kedalam lingkungan pesantren dan kadang menciptakan kegaduhan di lingkungan pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Santri, Normal Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Islam (Pesantren)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 14:34
Last Modified: 28 Nov 2022 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55227

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum