PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS VII C MTSN SLEMAN KOTA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH

Yayang Istiqomah, NIM.: 08410178 (2012) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS VII C MTSN SLEMAN KOTA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS VII C MTSN SLEMAN KOTA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS VII C MTSN SLEMAN KOTA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya partisipasi siswa kelas VII C MTsN Sleman Kota dalam pembelajaran Fikih, karena tidak terbiasa dan kurang percaya diri dalam berpartisipasi ketika pembelajaran. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah partisipasi siswa kelas VII C MTsN Sleman Kota dalam pembelajaran fikih, ketika dan setelah penerapan metode cooperative learning tipe group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang partisipasi siswa kelas VII C MTsN Sleman Kota dalam pembelajaran Fikih, ketika dan setelah penerapan metode cooperative learning tipe group investigation. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan mengambil latar MTsN Sleman Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode cooperative learning tipe group investigation, partisipasi siswa kelas VII C MTsN Sleman Kota dalam pembelajaran Fikih mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari setiap aspek yaitu: aspek memperhatikan penjelasan guru dengan sungguh- sungguh mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 71,11 %, siklus II sebesar 79,16 %, dan siklus III sebesar 81,66%. Aspek keberanian bertanya selama pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 48,33 %, siklus II sebesar 53,89 %, dan siklus III sebesar 60 %. Aspek mengerjakan tugas dalam pembelajaran dan pengerjaan tugas kelompok mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 87,78 %, siklus II sebesar 90,56 %, dan siklus III sebesar 92 %. Aspek memberikan ide atau pendapat mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 50,56 %, siklus II sebesar 52,5 %, dan siklus III sebesar 56,33 %. Aspek menerima pendapat (penjelasan) dari orang lain mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 63,33 %, siklus II sebesar 60 %, dan siklus III sebesar 66 %. Aspek keberanian berpartisipasi dalam bentuk presentasi di depan kelas mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 54,62 %, siklus II sebesar 58,61 %, dan siklus III sebesar 59,56 %. Aspek respon positif dari kelompok lain dalam bentuk apresiasi mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 95,56 %, siklus II sebesar 87,22 %, dan siklus III sebesar 90,66 %. Dilihat dari hasil persentase tersebut terdapat peningkatan dalam partisipasi siswa, maka dapat disimpulkan penerapkan metode cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas VII C MTsN Sleman Kota dalam pembelajaran Fikih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Usman,SS.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Pembelajaran Fikih, Partisipasi Siswa
Subjects: Hukum Islam > Fiqih
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 15:05
Last Modified: 28 Nov 2022 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum