HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK SISWA DI SMP N 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Wahyu Isnaeni, NIM.: 08410238 (2012) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK SISWA DI SMP N 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK SISWA DI SMP N 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK SISWA DI SMP N 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penulisan ini adalah perilaku akhlak siswa yang saat ini sangat membutuhkan perhatian lebih dari berbagai pihak, antara lain dari pihak keluarga, lingkungan sekitar dan juga guru disekolah. Sekarang ini banyak sekali anak mempunyai prestasi disekolah itu baik namun itu tidak berbanding lurus dengan akhlak siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : adakah hubungan antara prestasi belajar agama Islam dengan akhlak siswa di SMP N 2 Kalasan, Sleman, Yogyakarta dan sejauh mana pengaruh dari prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan akhlak siswa di SMP N 2 kalasan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara prestasi belajar siswa di SMP N 2 kalasan, Sleman, Yogyakarta dan untuk mengukur sejauh mana hubungan tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan eveluasi bagi sekolah untuk membentuk akhlak siswa agar menjadi lebih baik. Berdasarkan jenisnya, skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Karena penelitian ini berusaha memaparkan secara kuantitatif maka kecenderungan sikap atau opini dari suatu populasi tertentu dengan meneliti sampel dari populasi tersebut. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, interview dan angket. Dengan menggunakan beberapa cara tersebut penulis dapat menarik kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX di SMP N 2 Kalasan, Sleman, Yogyakarta sebanyak 420 siswa, kemudian penulis mengambil sampel penelitian dengan acak (random sampling) dengan mengambil 25% dari populasi tersebut. Jadi sampelnya berjumlah 105 siswa. Analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi. Penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMP N 2 Kalasan, Sleman, Yogyakarta dengan kualitas yang lemah karena r hanya mendapat 0,239. Sedangkan pengaruh dari prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan akhlak siswa adalah 5,7% dan hal itu menunjukan sangat kecil pengaruh prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan akhlak siswa. Jadi para ahli didik hendaknya lebih memperhatikan segi afektif dalam pembelajaran agar antara kogntif dan afektif siswa dapat seimbang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 15:17
Last Modified: 28 Nov 2022 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum