MAJELIS TA’LIM WAL MUJAHADAH MALAM AHAD PON SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS REMAJA DI SOROWAJAN PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL

Siti Nur Inayah, NIM.: 08410264 (2012) MAJELIS TA’LIM WAL MUJAHADAH MALAM AHAD PON SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS REMAJA DI SOROWAJAN PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAJELIS TA’LIM WAL MUJAHADAH MALAM AHAD PON SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS REMAJA DI SOROWAJAN PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MAJELIS TA’LIM WAL MUJAHADAH MALAM AHAD PON SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS REMAJA DI SOROWAJAN PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah kurangnya pengetahuan agama pada seseorang akan berpengaruh pada kesadaran manusia dalam beribadah. Normanorma dan aturan yang ada akan begitu saja di tinggalkan. Sehingga seringkali dalam sikap dan perilaku tidak sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah. Melihat kondisi yang demikian, maka perlu adanya suatu tindakan dan upaya pembenahan kembali nilai-nilai Islam pada kehidupannya. Nilai dan ajaran Islam tersebut bukan hanya dikenal dan dimengerti, akan tetapi harus di lembagakan dan di budayakan agar berlaku dalam kehidupan sehari-hari, karena nilai dan ajaran Islam mampu menjadi kendali dan pedoman dalam kehidupan manusia. Penanaman nilai-nilai inilah yang seharusnya diterapkan kepada pada remaja penentu dan penerus masa depan. Manakala remaja tidak dibekali dengan ajaranajaran agama yang sesuai dengan syariat Islam, maka akan sulit bagi remaja untuk melangkah menuju masa depan. Majelis Ta’lim Wal Mujahadah Malam Ahad Pon yang ada di Sorowajan Panggungharjo Sewon Bantul merupakan sebuah lembaga non formal yang bergerak dalam bidang pembinaan keagamaan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: apa yang melatarbelakangi berdirinya Majelis Ta’lim Wal Mujahadah Malam Ahad Pon, kegiatan apa saja yang ada di dalam Majelis, dan apakah Majelis ta’lim Wal Mujahadah Malam Ahad Pon mampu meningkatkan religiusitas remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji Majelis Ta’lim Wal Mujahadah Malam Ahad Pon sebagai sarana meningkatkan religiusitas remaja di Sorowajan Panggungharjo Sewon Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar kegiatan Mujahadah Malam Ahad Pon di Sorowajan Panggungharjo Sewon Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pola pikir induktif yaitu cara menarik kesimpulan dengan berangkat dari fakta-fakta yang khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Majelis Ta’lim Wal Mujahadah Malam Ahad Pon berdiri atas dasar kondisi remaja yang kurang tertarik dengan kegiatan sosial keagamaan yang ada di Sorowajan sehingga mempunyai tujuan untuk mengaktifkan kembali para remaja dalam bidang sosial keagamaan. (2) Majelis Ta’lim Wal Muajahadah Malam Ahad Pon telah mengkonsep kegiatan sedemikian rupa, yaitu dengan dzikir bersama dan pengajian yang mampu meningkatkan religiusitas remaja. (3) Majelis Ta’lim Wal Mujahadah Malam Ahad Pon melalui kegiatannya mampu menjadikan remaja aktif kembali mengikuti kegiatan keagamaan, ini ditandai dengan meningkatnya intensitas keberangkatan remaja dan banyak bermunculan kegiatan keagamaan yang dapat dijadikan wadah bagi remaja untuk meningkatkan kualitas ibadah mereka. Menjadikan remaja semakin taat beribadah dan selalu dekat dengan Allah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Majelis Ta’lim, Nilai Religiusitas, Remaja Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 15:20
Last Modified: 28 Nov 2022 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum