METODE PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SANTRI HUFFAZHUL QUR’AN (STUDI KASUS PONDOK–PESANTREN AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA)

Vita Vitria, NIM.: 08470002 (2012) METODE PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SANTRI HUFFAZHUL QUR’AN (STUDI KASUS PONDOK–PESANTREN AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SANTRI HUFFAZHUL QUR’AN (STUDI KASUS PONDOK–PESANTREN AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SANTRI HUFFAZHUL QUR’AN (STUDI KASUS PONDOK–PESANTREN AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang bahwa pembentukan karakter merupakan kebutuhan utama bagi tumbuhnya cara beragama dan merupakan tujuan dari pendidikan Nasional yaitu agar peserta didik mempunyai kecerdasan, kepribadian dan akhlaq mulia, sehingga Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dan penerapan pembentukan karakter pada santri Huffazhul Qur‟an, faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter santri Huffazhul Qur‟an dan ingin mengetahui hasil dari metode pembentukan karakter pada santri Huffazhul Qur‟an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode interviu, observasi, dokumentasi dan angket. Data dianalisis secara deskriptif sedangkan data dari angket dianalisis menggunakan SPSS 15. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembentukan karakter pada santri Huffazhul Qur‟an yang diterapkan di Pondok-Peantren An-Nur meliputi kegiatan yang diintegrasikan dalam sehari-hari yaitu keteladanan, kegiatan spontan, teguran, pengkondisian lingkungan, kegiatan rutin. Sedangkan kegiatan yang duprogramkan meliputi taat pada ajaran Agama, Toleransi, Tanggung jawab, kasih sayang, gotong royong, kesetiakawanan, hormat-menghormati, sopan-santun dan jujur. Dari hasil angket diperoleh Keseluruhan metode yang diterapkan pada santri Huffazhul Qur‟an berada pada level sedang/bersekor 2 dengan presentase sebesar 45%. Artinya metode pembentukan karakter dan hasil yang diperoleh sudah cukup baik (tidak kurang dan tidak tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mangun Budiyanto M.SI
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Islam, Metode Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:15
Last Modified: 29 Nov 2022 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55235

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum