PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM MY NAME IS KHAN KARYA KARAN JOHAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPRIBADIAN ANAK YANG MENO

Suyatmi, NIM.: 08470126 (2012) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM MY NAME IS KHAN KARYA KARAN JOHAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPRIBADIAN ANAK YANG MENO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM MY NAME IS KHAN KARYA KARAN JOHAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPRIBADIAN ANAK YANG MENO)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM MY NAME IS KHAN KARYA KARAN JOHAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPRIBADIAN ANAK YANG MENO)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa adanya prokontra antara karakter yang dibawa anak sejak lahir dengan realitas nyata. Melalui pendidikan inilah, dapat mengoptimalkan karakter anak, seperti dengan menggunakan media pembelajaran dengan melibatkan audio, visual dan kinestetik. Film pun terkandung bermacam-macam pesan edukatif yang dapat digunakan sebagai alternatif media pendidikan. Rumusan masalah dalam film ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam film My Name Is Khan dan bagaimana implikasi film My Name Is Khan tersebut, terhadap kepribadian anak yang menonton. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan dengan metode deskriptif kualitatif yang berusaha untuk mengungkapkan masalah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Dengan mengambil objek film My Name Is Khan, dan sasarannya adalah seluruh pihak yang berkecimpung atau ikut serta dalam dunia pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan semiotik. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Dalam hal ini, peneliti akan mengungkapkan tentang isi dari pendidikan karakter yang ada dalam film My Name Is Khan. Kemudian, implikasinya terhadap kepribadian anak yang menonton dalam dunia pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pesan pendidikan karakter dalam film My Name Is Khan ini, terdapat lima dimensi besar yaitu nilai pendidikan karakter kepada Allah, nilai pendidikan karakter terhadap diri sendiri, nilai pendidikan karakter terhadap keluarga, nilai pendidikan karakter terhadap masyarakat, dan nilai pendidikan karakter terhadap lingkungan. 2) Ada implikasinya terhadap kepribadian anak yang menonton usia 16- 24 tahun. Dari hasil penelitian tersebut, implikasi terdapat kepribadian anak yang menonton tersebut adalah sikap toleransi, bersahabat, religius, peduli sosial, dan jujur, dengan melibatkan pendidik atau orang tua dengan menggunakan metode pola asuh yang demokratis, pola asuh permisif dan pola asuh otoriter, terutama dalam hal meninggalkan hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran agama. Ini merupakan efek atau pengaruh kepribadian anak dalam memperoleh informasi atau sudut pandang dari apa yang diperoleh dari media film yang dilihatnya. Perubahan dalam pribadi tidak terjadi secara spontan, tetapi merupakan hasil pematangan, pengalaman, tekanan dari lingkungan sosial, budaya dan faktor-faktor dari individu tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Film "My Name Is Khan", Pendidikan Karakter, Kepribadian Anak
Subjects: Media massa > Film
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:23
Last Modified: 29 Nov 2022 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55237

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum