PELAKSANAAN BIMBINGAN SHALAT BAGI SISWA KELAS V SDN JOMBLANG I BERBAH SLEMAN

Sukapti, NIM.: 09411021 (2011) PELAKSANAAN BIMBINGAN SHALAT BAGI SISWA KELAS V SDN JOMBLANG I BERBAH SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN BIMBINGAN SHALAT BAGI SISWA KELAS V SDN JOMBLANG I BERBAH SLEMAN)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN BIMBINGAN SHALAT BAGI SISWA KELAS V SDN JOMBLANG I BERBAH SLEMAN)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa belum semua siswa kelas V melaksanakan shalat lima waktu secara penuh. Dari sini kemudian akan dicari tahu seperti apa pelaksanaan bimbingan shalat yang dilaksanakan beserta tujuan, materi, metode, evaluasi yang digunakan, peran sekolah dalam pelaksanaan monitoring pemantauan terhadap kegiatan shalat siswa kelas V, dan tingkat keberhasilan yang dicapai pada bimbingan shalat yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan bimbingan shalat siswa kelas V. hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk memberi masukan mengenai bimbingan shalat pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SDN Jomlang I. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatanI, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif, yaitu memberikan makna terhadap data yang berhasil ditemukan, dan dari makan tersebut akan ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan digunakannya teknik trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan bimbingan shalat di SDN Jomlang I ada dua yaitu shalat dhuha dan dhuhur berjamaah. Tiap-tiap shalat terdapat kegiatan pembukaan dengan berwudlu dan hafalan, kegiatan pelaksanaan dan kegiatan penutup yaitu berdzikir dan pemberian motivasi. 2) Peran sekolah dalam pelaksanaan monitoring pemantauan kegiatan shalat siswa melalui tiga aspek, kognitif, dipantau dengan adanya tes tertulis terkait materi shalat. b) Pemantauan aspek afelik, dipantau dengan adanya buku catatan shalat siswa, c) pemantuan aspek psikomotor, dipantau dengan adanya tes praktek shalat dan pelaksanaan shalat yang diadakan di SDN JomblangI. 3) Tingkat keberhasilan yang dicapai pada kegiatan bimbingan shalat bagi siswa kelas V dapat diketahui dari hasil pemantauan pada ketiga aspek yang telah dijelaskan diatas. Pada aspek kognitif nilai yang diperoleh siswa baik, pada aspek afektif secara umum terlihat bahwa kemauan siswa akan shalat sudah cukup baik, pada aspek psikomotor kemauan siswa dalam mempraktikkan gerakan dan bacaan shalat telah mampu dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra.Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Shalat, Shalat Lima Waktu, Bimbingan Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:35
Last Modified: 29 Nov 2022 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum