PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH GIRIKERTO TURI SLEMAN

Suyatmi, NIM.: 09411133 (2011) PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH GIRIKERTO TURI SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH GIRIKERTO TURI SLEMAN)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH GIRIKERTO TURI SLEMAN)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada kelas III SD Muhammadiyah Girikerto, Turi, Sleman ini masih kurang efektif serta penyampaian guru hanya ceramah sehingga guru merasa lelah dan siswa juga enggan mendengar penjelasan guru dan diam ketika mencatat, selain itu motivasi siswa juga kurang terbangun, dan siswapun kurang aktif dalam pembelajaran. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbarui kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bercerita dalam pembelajaran Akidah Akhlak dan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Girikerto, Turi, Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : Metode bercerita efektif digunakan pada pembelajaran Akidah Akhlak khususnya siswa kelas III SD Muhammadiyah Girikerto, Turi, Sleman, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi siswa terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, antusias, dan rasa ingin tahu, bekerjasama dalam kelompok, mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, perhatian, kemauan bertanya, dan mengemukakan pendapat. Pada aspek motivasi siswa di kelas III pada siklus I sebesar 44,44%. Kemudian pada siklus II sebesar 81, 85% hal ini mengalami peningkatan sebesar 37,41% pada aspek motivasi tidak mengalami peningkatan terlalu tinggi. Dengan demikian pada aspek motivasi mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Hamrumi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah, Akhlak-Etika, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:37
Last Modified: 29 Nov 2022 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55240

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum