PENINGKATAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA KREATIF PUZZEL DI BA.AISYIYAH MRANGGEN 01 SRUMBUNG KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Titin Setiawati, NIM.: 09411166 (2011) PENINGKATAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA KREATIF PUZZEL DI BA.AISYIYAH MRANGGEN 01 SRUMBUNG KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA KREATIF PUZZEL DI BA.AISYIYAH MRANGGEN 01 SRUMBUNG KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA KREATIF PUZZEL DI BA.AISYIYAH MRANGGEN 01 SRUMBUNG KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah ketrampilan motorik halus merupakan salah satu pengembangan dasar di TK/BA. Kegiatan motorik halus meliputi penggunaan jari-jari tangan. Perkembangan motorik merupakan perubahan kemampuan gerak dari bayi hingga dewasa yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak. Seringnya anak melakukan kegiatan motorik halus dan dengan didukung media kreatif atau alat pembelajaran yang digunakan akan lebih mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil judul ini adalah karena menghadapi masalah tentang pembelaJaran tentang motonK nams paoa ana.K m 0A.A1sy1yan 1V1ranggt:11 v 1 . Srumbung. Sedangkan kelompok B adalah anak yang dipersiapkan untuk kelas I maka anak harus mempunyai ketrampilan motorik halus, karena kemampuan motorik halus adalah dasar yang harus dimiliki dalam proses pembelajaran,kemampuan motorik halus akan semakin berkembang jika guru dapat memberikan perhatian dan dorongan kepada anak. Sementara di BA.Aisyiyah Mranggen 01 Srumbung anak kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran terutama dalam materi tentang motorik halus. Ketika guru menjelaskan, anak kurang tertarik.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode kreatif puzzle dalam peningkatan ketrampilan motorik halus anak setelah metode tersebut diterapkan.Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar BA.Aisyiyah Mranggen 01 Srumbung, pengambilan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan : media kreatif puzzle efektif digunakan pada peningkatan ketrampilan motorik halus kelompok B di BA.Aisyiyah Mranggen 01 Srumbung, hal tersebut terbukti dari aganya peningkatan motivasi dan keaktifan siswa terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, antusiasme, rasa ingin tahu, bekerja sama dalam kelompok, mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, kemauan bertanya dan mengemukakan pendapat. Pada aspek motivasi siswa siklus I 55%, kemudian pada siklus II 70%, dan pada siklus III 90%. Jadi secara keseluruhan peningkatan ketrirmpilan motorik halus mengalami peningkatan 35% dan peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori sedang dan akhirnya menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Motorik Anak, Media Kreatif Puzzle, Kegiatan Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:48
Last Modified: 29 Nov 2022 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55243

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum