PENERAPAN STRATEGI BERMAIN KARTU KATA DALAM PENGEMBANGAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA SISWA KELOMPOK B DI BA ‘AISYIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG

Tintin Rochayati, NIM.: 09411167 (2011) PENERAPAN STRATEGI BERMAIN KARTU KATA DALAM PENGEMBANGAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA SISWA KELOMPOK B DI BA ‘AISYIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI BERMAIN KARTU KATA DALAM PENGEMBANGAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA SISWA KELOMPOK B DI BA ‘AISYIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI BERMAIN KARTU KATA DALAM PENGEMBANGAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA SISWA KELOMPOK B DI BA ‘AISYIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam Pengembangan Bahasa khususnya persiapan membaca dan menulis pada kelompok B di BA “Aisyiyah Kradenan 1 Srumbung masih kurang efektif sehingga siswa sering merasa bosan dan mals untuk melaksanakan tugas yang diberikan guru. Selain itu motivasi belajar membaca siswa kurang terbangun, siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dapat menyebabkan trauma anak pada kegiatan belajar membaca. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untukmemperbaiki kualitas proses pembelajaran dengan menerapkan strategi yang dapat menumbuhkan motivasi belajar membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Strategi Bermain Kartu Kata dalam pengembangan Bahasa dan meningkatkan motivasi belajar membaca siswa kelompok B setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar BA ‘Aisyiyah Kradenan 1 Srumbung, Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan mengunakan teknik triangulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : Strategi bermain kartu kata efektif digunakan pada pengembangan bahasa khususnya siswa kelompok B di BA ‘Aisyiyah Kradenan 1 Srumbung. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi belajar membaca siswa terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, antusiasme, dan rasa ingin tahu, bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas, mulai menyenangi buku. Hasil lembar observasi motivasi belajar siswa pada observasi pra tindakan sebesar 25 %, kemudian siswa pada siklus I meningkat menjadi 33,33%, pada siklus II 66,66%, dan pada siklus III 100%. Dengan demikian secara keseluruhan motivasi belajar membaca siswa mengalami peningkatan sebesar 75 %. Peningkatan tersebut terjadi secara bertahap pada tiap siklusnya, dari kategori sedang dan akhirnya tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Karwadi,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahasa, Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:50
Last Modified: 29 Nov 2022 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum