PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DIAM PADA SISWA KELAS B DI BA AISYIYAH SUDIMORO I SRUMBUNG

Siti Farichatut Diniyah, NIM.: 09411169 (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DIAM PADA SISWA KELAS B DI BA AISYIYAH SUDIMORO I SRUMBUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MMOTORIK HALUS ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DIA AMM PADA SISWA KELAS B DI BA AISYIYAH SUDIMORO I SRUMBUNNG)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MMOTORIK HALUS ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DIA AMM PADA SISWA KELAS B DI BA AISYIYAH SUDIMORO I SRUMBUNNG)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam kegiatan pembelajaran di BA Aisyiyah Sudimoro I Srumbung pada kelas B masih kurang variatif dalam menggunakan media pembelajaran sehingga kemampuan motorik halus anak kurang maksimal. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskipsikan pemanfaatan media gambar diam dan peningkatan kemampuan motorik halus anak pada kelas B setelah media tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar BA Aisyiyah Sudimoro I Srumbung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik tringgulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan . (1) pemanfaatan media gambar diam dalam kegiatan pembelajaran di kelas B BA Aisyiyah Sudimoro I Srumbung dilaksanakan dalam tiga siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. Terjadi perubahan perilaku peserta didik secara bertahap dalam kegiatan pembelajaran. 2) peningkatan kemampuan motorik halus peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan pemanfaatan media gambar diam cukup signifikan. Peningkatan kemampuan motorik halus anak terlihat pada penjelasan guru dalam kegiatan yang diberikan, menjawab pertanyaan, antusiasme dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan, kemampuan mengerjakan tugas dan perasaan senang berharap kegiatan yang diberikan serta mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik. Kemampuan motorik halus anak terlihat dari observasi siklus pra tindakan dari jumlah 16 siswa sebagian kecil siswa mengikuti kegiatan dan mengerjakan tugas yang diberikan. Pada siklus I dari jumlah siswa 16 siswa, hampir separuh siswa mengikuti kegatan dan mengerjakan tugas yang diberikan, pada siklus II dari jumlah siswa 16 siswa terlihat separuh lebih siswa mengikuti kegiatan dan siklus III hampir semua siswa antusias dan aktif mengikuti kegiatan dan mengerjakan tugas yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr, Karwadi, MPd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik, Media Gambar Diam, Kegiatan Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 09:22
Last Modified: 29 Nov 2022 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55246

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum