UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TATA CARA BERWUDLU DENGAN METODE DEMONTRASI DAN GAMBAR DI KELAS I MI YAPPI NGEMBES PATUKGUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Supriyadi, NIM.: 09481069 (2011) UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TATA CARA BERWUDLU DENGAN METODE DEMONTRASI DAN GAMBAR DI KELAS I MI YAPPI NGEMBES PATUKGUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TATA CARA BERWUDLU DENGAN METODE DEMONTRASI DAN GAMBAR DI KELAS I MI YAPPI NGEMBES PATUKGUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TATA CARA BERWUDLU DENGAN METODE DEMONTRASI DAN GAMBAR DI KELAS I MI YAPPI NGEMBES PATUKGUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah materi pelajaran tata cara berwudlu (Thaharah atau bersuci) masuk pada aspek fikih ibadah. Thaharah merupakan bagian penting dalam Islam. Karena thaharah merupakan syarat pokok untuk sahnya berbagai macam ibadah. Dalam pembelajaran Fikih pada kelas I MI YAPPI Ngembes Patuk Kabupaten Gunungkidul ini masih banyak siswa yang belum menguasai materi pelajaran tata cara berwudlu, prestasi belajar siswa pada materi tata cara berwudlu siswa kelas I MI YAPPI Ngembes Patuk Gunungkidul sebelum adanya tindakan masih rendah, yaitu nilai rata-rata kelas pada mata pelajaran Fikih adalah 6,2, sedangkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Fikih yang ditetapkan di MI YAPPI Ngembes Patuk Kabupaten Guungkidulsesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MI YAPPI Ngembes Patuk Kabupaten Gunungkidul adalah sebesar 6,5. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tata cara berwudlu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dan gambar tata cara berwudlu dalam meningkatkan prestasi belajar serta minat atau keaktifan siswa kelas I setelah penerapan metodetersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI YAPPI Ngembes Patuk Kabupaten Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi, dan angket untuk melengkapi data yang ingin di ungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : metode demonstrasi dan gambar sangat efektif dan mempunyai andil dalam peningkatan prestasi belajar atau kualitas belajar siswa pada mata pelajaran tata cara berwudlu (Fikih) di kelas I MI YAPPI NgembesPatuk Kabupaten Gunungkidul, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan nilai rata-rata pelajaran tata cara berwudlu siswa atau prestasi belajar tata cara berwudlu siswa. Sebelum penerapan metode demonstrasi dan gambar nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran Fikih materi tata cara berwudlu adalah 6,2 dan meningkat menjadi 7,0 setelah adanya tindakan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nur Rohmah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Wudhu, Metode Demontrasi, Pembelajaran Fiqh Ibadah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 09:36
Last Modified: 29 Nov 2022 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum