PERANAN MEDIA GAMBAR LCD PROYEKTOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 C PADA MIN YOGYAKARTA II.

Sri Wahyuni, NIM.: 09481078 (2011) PERANAN MEDIA GAMBAR LCD PROYEKTOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 C PADA MIN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN MEDIA GAMBAR LCD PROYEKTOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 C PADA MIN YOGYAKARTA II.)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[img] Text (PERANAN MEDIA GAMBAR LCD PROYEKTOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 C PADA MIN YOGYAKARTA II.)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

berada dalam tahap berfikir konkrit,Proses berfikirnya belum dapat dipisahkan dari hal-hal yang dapat diamati.Proses belajar mengajar tidak bisa terlepas dari peran media didalamnya. Gambar LCD Proyektor sebagai salah satu media visual, dapat dijadikan bahan yang dapat mempermudah proses pembelajaran,terutama terhadap kemampuan membaca menulis pada pembelajaran bahasa Indonesia,Media gambar LCD Proyektor mempunyai peran penting.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses belajar pembelajaran Bahasa Indonesia membaca menulis dengan menggunakan media gambar LCD Proyektor terhadap kemampuan membaca dan menulis pada kelas 1 C MIN Yogyakarta II. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil data melalui pembelajaran, wawancara, dokumentasi, tes, angket dan catatan lapangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 1 C MIN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 29 siswa. Teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data dan trianggulasi.Data sumber, dalam hal ini yang penulis lakukan adalah dengan cara mengolah data yang terkumpul, mengelompokkan, dan dievaluasi baik itu dengan kuis,angket dan perhitungan statistik sederhana yang hasilnya dikaitkan dengan pencapaian KKM. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa peran media gambar LCD Proyektor terhadap kemampuan membaca menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 C MIN Yogyakarta II menunjukkan hasil yang lebih baik dari pencapaian KKM sebelumnya yang hasilnya 7,5 (katagori baik) menjadi 8,9 (sangat baik . dan dari angket yang diedarkan kesiswa menunjukkan minat belajar dan motivasi yang meningkat dari siswa tebukti dari 11 pertanyaan angket yang diberikan ke 29 siswa pada umumnya mereka menjawab menyukai 100 % pembelajaran dengan menggunakan Media LCD Proyektor, hanya dua anak yang skor jawabannya 93 % dan 82,06 %, itupun mungkin dikarenakan pemahaman atas pertanyaan yang memang belum begitu dipahami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. .Sedya Santoso,SS, M.P.d
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Media Gambar LCD, Evaluasi Pembelajaran
Subjects: BAHASA > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 09:40
Last Modified: 29 Nov 2022 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum