MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEKNIK PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH BLEMBEM TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sukarmiyati, NIM.: 09481079 (2011) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEKNIK PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH BLEMBEM TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEKNIK PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH BLEMBEM TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEKNIK PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH BLEMBEM TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran matematika kelas III MI Muhammadiyah Blembem Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, khususnya pada materi perkalian dan pembagian kurang efektif karena selama ini dalam proses pembelajaran guru masih sering menggunakan metode yang tidak bervariasi sehingga pelajaran matematika banyak tidak disukai oleh siswa. Siswa menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Maka dari itu perlu diadakanya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan penggunaan alat peraga/bahan manipulatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, dalam pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian. Berdasarkan jenisnya penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dalam Suharsimi Arikunto, dengan empat tahap penelitian dalam setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subyek penelitian adalah siswa di kelas III MI Muhammadiyah Blembem, sebanyak 13 siswa. Obyek penelitian ini berupa peningkatan prestasi belajar teknik perkalian dan pembagian dengan mengunakan alat peraga/bahan manipulatif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan mengadakan pengamatan langsung (observasi) dan tes. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis \data adalah dengan analisis deskriptif kualitatif untuk data yang diperoleh dari observer, dan analisis deskriptif kwantitatif untuk data yang diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman dalam menyelesaikan soal matematika bentuk perkalian dan pembagian MI Muhammadiyah Blembem, Candirejo, Semin, Gunugkidul. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada pencapaian KKM yang pada tahap pra tindakan hanya sebesar 38,46%, pada siklus I naik pencapaian KKM menjadi 46,15%, dan pada siklus II naik, pencapaian KKM menjadi 76,92%. Dan presentase Gain Standarisasi pada siklus I : 0,29, pada siklus II mencapai 0,71.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Pembelajaran, Bahan Manipulatif Pembelajaran, Prestasi Belajar
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 09:44
Last Modified: 29 Nov 2022 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum