PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MI GUPPI AT TAQWA WALED KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Tri Agustiana Retno Dinaryanti, NIM.: 09481096 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MI GUPPI AT TAQWA WALED KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MI GUPPI AT TAQWA WALED KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MI GUPPI AT TAQWA WALED KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (28MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI GUPPI AT TAQWA Waled, Kemiri, Purworejo ini belum dapat melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan KTSP. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam selama ini masih secara konvensional, yaitu masih menggunakan model ceramah atau ekspositori, di mana siswa masih menjadi obyek pembelajaran, sehingga pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terkesan monoton dan menjenuhkan, dan berujung pada ketidaktertarikan siswa terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajar selalu di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI GUPPI AT TAQWA Waled, Kemiri, Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan analisis teknik tabulasi data secara kualitatif berdasarkan hasil tindakan yang dilakukan pada setiap siklus. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi teknik. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan ( 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: strategi pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team efektif digunakan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam khususnya siswa kelas VI MI GUPPI AT TAQWA Waled, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai pre test adalah 61,82 dengan persentase ketuntasannya 45,45 %. Pada siklus I rata-rata nilainya adalah 74,09, sedangkan persentase ketuntasannya adalah 45,45 %. Pada siklus II rata­rata nilainya adalah 84,64 dengan persentase ketuntasannya 100 %. Rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah 79,36 dan rata-rata persentase ketuntasannya adalah 72, 72 %. Jadi hasil belajamya mengalami peningkatan sebesar 1 7 ,54 dengan peningkatan persentase sebesar 27 ,27 % dari nilai pre test. Dan keaktifan peserta didik dalam belajarpun mengalami peningkatan, yaitu dari siklus I 67,50 %, sedangkan siklus II naik menjadi 87,50 %. Jadi keaktifan belajar peserta didik naik 20 %. Dengan demikian baik hasil belajar maupun keaktifan belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Active Learning, Sejarah Kebudayan Islam
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 09:54
Last Modified: 29 Nov 2022 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum