MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH TIRTOSARI SAWANGAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL SNOW BALLING

Siti Nur Kasiyati, NIM.: 09481120 (2011) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH TIRTOSARI SAWANGAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL SNOW BALLING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH TIRTOSARI SAWANGAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL SNOW BALLING)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH TIRTOSARI SAWANGAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL SNOW BALLING)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa rendahnya prestasi belajar matematika. Matematika dianggap sebagai momok dan dirasa membingungkan sehingga siswa malas untuk belajar. Prosentase siswa yang prestasi belajarnya di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal masih cukup tinggi. Selama proses pembelajaran berlangsung siswa cenderung kelihatan pasif bahkan ada siswa yang kurang menanggapi materi yang disampaikan oleh guru. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) yang bertujuan mendikripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Snow Balling dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V setelah model pembelajaran tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar siswa kelas V MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket siswa, wawancara, dokumentas dan tes. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan menggunakan trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif model Snnow Balling dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya siswa kelas V MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan Hal ini dibuktikan bahwa pada siklus I nilai rata-rata pelajaran matematika 75,5 dan ketuntasan belajar 75%. Pada siklus kedua terjadi peningkatan nilai rata-rata 91,5 dan ketuntasan belajar mencapai 100%. Dengan demikian prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Endang Sulistyowati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Proses Pembelajaran, Metode Snow Balling
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 10:02
Last Modified: 29 Nov 2022 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55254

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum