PENERAPAN STRATEGI CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS III MI SUNAN KALIJOGO TEMPURAN MAGELANG TAHUN 2011

Warsono, NIM.: 09481123 (2011) PENERAPAN STRATEGI CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS III MI SUNAN KALIJOGO TEMPURAN MAGELANG TAHUN 2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS III MI SUNAN KALIJOGO TEMPURAN MAGELANG TAHUN 2011)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS III MI SUNAN KALIJOGO TEMPURAN MAGELANG TAHUN 2011)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana minat siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadis dengan penerapan strategi Card Sort di kelas III MI Sunan Kalijogo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang Tahun 2011. Manfaat penelitian ini yakni untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar yang berhubungan dengan minat khususnya di kelas III MI Sunan Kalijogo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang serta dapat untuk menentukan langkah yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode field research yaitu research yang dilakukan di lapangan/kancah atau di medan tempat terjadinya gejala dengan teknik analisis diskriptif kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif. Kendati hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadis khususnya pada siswa kelas III MI Sunan Kalijogo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang meskipun belum optimal tapi sudah dapat dikatakan baik, karena yang namanya minat bersifat abstrak. Terbukti di kelas III MI Sunan Kalijogo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang dari jumlah siswa 17 anak hanya sebagian kecil siswa yang minatnya kurang dalam belajar Al-Qur’an Hadis dengan alasan latar belakang siswa yang relatif sama yaitu belum lancar dalam membaca ayat/surat Al-Qur’an. Kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas III MI Sunan Kalijogo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sudah disesuaikan dengan teori yaitu seorang guru Al-Qur’an Hadis di MI Sunan Kalijogo berusaha untuk memotivasi, mendorong dan memperhatikan siswa yang kurang berminat dalam belajar Al-Qur’an Hadis. Adapun upaya yang dilakukan yaitu: a) Memberikan materi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan peserta didik. b) Memberikan strategi dan metode yang bervariasi. c) Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk memperoleh hasil yang baik dengan cara memberi dan/atau menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga tercapai proses belajar mengajar yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis berharap akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uneversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Card Sort. Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Qur'an Hadis
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 14:00
Last Modified: 29 Nov 2022 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55267

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum