PENERAPAN STRATEGI ACTING OUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI MA’ARIF WONOLELO SAWANGAN MAGELANG

Siti Istikomah, NIM.: 09481143 (2011) PENERAPAN STRATEGI ACTING OUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI MA’ARIF WONOLELO SAWANGAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI ACTING OUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI MA’ARIF WONOLELO SAWANGAN MAGELANG)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI ACTING OUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI MA’ARIF WONOLELO SAWANGAN MAGELANG)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran IPA pada kelas V MI Ma’arif Wonolelo Sawangan Magelang masih belum menggunakan strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia. Untuk ini perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi acting out (bermain peran) dalam proses pembelajaran kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Wonolelo Sawangan Magelang pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas V MI Ma’arif Wonolelo Sawangan Magelang . Populasi penelitian adalah semua siswa kelas V MI Ma’arif Wonolelo Sawangan Magelang yang terdiri dari 25 siswa. Penerapan strategi dilaksanakan pada kelas tersebut dalam 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pre test dan post test untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Analisis data untuk data hasil belajar siswa diperoleh dari pre test dan post test dianalisis dengan effect size, yaitu selisih antara rerata post test siklus II dengan rerata post test siklus I Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata post test siklus I adalah 7,6 sedangkan rerata post test siklus II adalah 7,7 sehingga effect sizenya sebesar 0.1. Dengan demikian, hasil belajar siswa pada prakteknya dapat meningkat dalam pembelajaran dengan menerapkan strategi acting out (bermain peran), hal ini dapat dilihat dari effect sizenya yaitu 0,1 dari basis nilai pada penelitian ini yaitu 10.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Fathonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Strategi Acting Out, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 14:04
Last Modified: 29 Nov 2022 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55268

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum