PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH SURODADI 2 SAWANGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sulistina, NIM.: 09481154 (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH SURODADI 2 SAWANGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH SURODADI 2 SAWANGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH SURODADI 2 SAWANGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menyimak dongeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Muhammmadiyah Surodadi 2 Sawangan dengan menggunakan media audiovisual. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas III MI Muhammmadaiyah Surodadi 2 Sawangan yang berjumlah 12 siswa. Insrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar observasi guru, lembar observasi siswa, siswa, wawancara, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil tes berupa nilai rerata. Nilai rerata dianalisis dengan menggunakan dengan cara statistik diskriptif. Analisis data kualitatif dilakukan untuk menganalisis hasil observasi lapangan dan dokumen tugas siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya kualitas proses (keaktifan, pemahaman, perhatian, dan ketekunan siswa dalam pembelajaran) dan kualitas produk, kriteria keberhasilan produk dalam menyimak dongeng didasarkan atas peningkatan keberhasilan siswa dalam mencapai taraf keberhasilan minimal yang ditentukan, yaitu antara 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai taraf keberhasilan minimal sebesar 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya media audiovisual, kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat, dengan indikasi meningkatnya aktifan, pemahaman, perhatian, dan ketekunan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, kemampuan menyimak dongeng siswa juga terbukti meningkat, terbukti nilai rata-rata siswa pratindakan sebesar 6,00 dengan mencapai KKM 33,33%, pascatindakan siklus I sebesar 7,00 dengan pencapaian KKM 66,67% dan pascatindakan siklus II sebesar 8,25 Dengan pencapaian KKM 91,67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil.Ss.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: BAHASA > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 14:11
Last Modified: 29 Nov 2022 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55270

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum