UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MIN KEBONAGUNG IMOGIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT )

Umi Hanik Komariyah, NIM.: 09481157 (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MIN KEBONAGUNG IMOGIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MIN KEBONAGUNG IMOGIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MIN KEBONAGUNG IMOGIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together ( NHT ) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas V MIN Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta.Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran masih berorientasi pada guru, rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode yang kurang menarik,. Dalam pembelajaran secara klasikal, perbedaan individu jarang diperhatikan, semua siswa di dalam kelas dianggap sama. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajarn yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru, dan subyek penelitianya adalah siswa kelas V MIN Kebonagung Imogiri Bantul yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika melalui model Kooperatif tipe Numbered Head Together ( NHT), telah dapat meningkatan hasil belajar siswa Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dengan prosentase pada pra tindakan sebesar 55%, siklus I sebesar 95% dan pada siklus II sebesar 100%. Peningkatan nilai rata-rata hasil tes pada pra tindakan sebesar 67,00, siklus I sebesar 80,15, sedangkan pada siklus II sebesar 84,50. Dengan demikian setiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Sri Sumarni,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pelajaran matematika, Model Pembelajaran
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 14:19
Last Modified: 29 Nov 2022 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55272

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum